Tahukah Anda

Sering Tidak Diketahui! Ini 5 Kesalahan yang Kerap Dilakukan saat Memakai AC

HomeTahukah AndaSering Tidak Diketahui! Ini 5 Kesalahan yang Kerap Dilakukan saat Memakai AC

Pengguna AC kadang menghadapi masalah pada AC yang digunakan atau melakukan beberapa hal yang tidak tepat saat AC aktif. Ada beberapa perilaku yang sebaiknya tidak dilakukan saat AC aktif dan juga ada beberapa cara pemakaian AC yang sebenarnya tidak baik untuk ketahanan AC. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa kesalahan yang dilakukan saat menggunakan AC.

Kekeliruan dalam Penggunaan AC Ruangan

Merokok dalam Ruangan AC

Saat perokok aktif membutuhkan rokoknya, mereka seringkali mengabaikan lingkungan dan merokok dengan sembarangan. Termasuk merokok di ruangan dengan AC. Merokok di ruangan AC sangatlah buruk bagi kesehatan perokok dan orang yang ada dalam ruangan. Hal ini karena asap rokok dan gas freon dari AC bisa bercampur dan bisa meracuni para pengguna ruangan.

Penggunaan Suhu AC yang Terlalu Rendah

Memasang suhu AC yang terlalu dingin akan membuat AC bekerja lebih berat. Penggunaan AC yang terlalu dingin juga bisa berdampak pada banyaknya daya listrik yang digunakan oleh AC. ini tentu berhubungan dengan bertambahnya biaya listrik yang perlu dibayar setiap bulannya. Dampak lain dari pemasangan suhu yang terlalu rendah adalah masalah bagi lingkungan alam.

Cara terbaik untuk menyetel suhu adalah dengan mengaturnya pada tingkat suhu yang sejuk namun nyaman. Tubuh manusia pada dasarnya mampu mengatur suhunya sendiri sehingga bisa beradaptasi dengan suhu lingkungannya. Jadi, sebenarnya tidak masalah untuk memasang suhu AC pada kisaran 22 derajat. Karena tubuh nantinya akan menyesuaikan dan kegerahan tidak akan dirasakan lagi.

Ada Penghalang pada AC

Orang kerap tidak menyadari pentingnya penempatan AC dengan benar. Beberapa orang bahkan mendekorasi AC mereka dengan hiasan, supaya AC mereka terlihat lebih trendi dan sesuai dengan interior rumah. Hal ini sangat salah besar, adanya benda yang menghalangi udara dingin dari AC dapat merusak AC dan menjadikan kinerja AC makin berat. Pastikan untuk tidak menaruh benda apapun di depan AC.

Rajin Membersihkan Filter AC

Filter yang tidak dibersihkan akan membuat debu dan kotoran menumpuk pada AC. penumpukan tersebut akan membuat kinerja dari AC terganggu sehingga kesulitan untuk mendinginkan ruangan dengan efektif. Gangguan kinerja pada AC juga berdampak pada pemakaian listrik yang lebih banyak, karena AC membutuhkan waktu lebih lama untuk mendinginkan ruangan.

Dampak paling buruk adalah AC lebih mudah rusak dan debu yang menumpuk bisa mengganggu kesehatan pengguna ruangan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk membersihkan filter AC paling tidak sebulan sekali, terutama jika AC dipakai setiap hari. Jika mengalami kesulitan dalam membersihkan AC sendirian, jangan ragu untuk menggunakan jasa pembersih AC.

Menyalakan AC ketika Baru saja Dimatikan

Seringkali pengguna tidak sengaja memencet tombol mati pada remote AC, lalu buru-buru menyalakannya kembali. Tindakan ini mungkin terlihat remeh dan wajar, namun kenyataannya ini bisa berdampak besar bagi keawetan AC. Hindari melakukan hal tersebut, karena tindakan menyalakan AC setelah baru saja dimatikan dapat merusak fungsi dari kompresor.

Kompresor merupakan salah satu komponen AC yang sangat penting dan punya pengaruh besar pada kinerja AC. Ketika AC langsung dinyalakan sesaat setelah dimatikan, kompresor AC akan terganggu fungsinya. Untuk menghindari hal ini ketika AC tidak sengaja dimatikan, tunggulah sejenak beberapa menit sebelum mulai menyalakannya kembali.

Pemakaian AC yang tidak tepat dapat berakibat pada pengguna AC, kinerja AC, dan kerusakan AC. Kesalahan penggunaan AC yang kerap terjadi yaitu AC dinyalakan setelah baru saja mati, merokok di ruangan AC, ada benda yang menghalangi AC, suhu AC terlalu rendah, dan tidak membersihkan filter. AC sudah terlanjur rusak? Beli AC yang baru dengan kualitas bagus di CV ASTRO.

Leave a Comment