Tahukah Anda

6 Komponen Penting Pembentuk AC yang Harus Kamu Tahu

HomeTahukah Anda6 Komponen Penting Pembentuk AC yang Harus Kamu Tahu

Saat tidur, kamu menggunakan AC. Saat bekerja di kantor, kamu pasti menghidupkan AC. Saat kuliah atau sekolah kamu pasti ada AC juga. AC atau air conditioner memang telah menjadi teknologi yang sangat dibutuhkan oleh manusia, terlebih lagi saat siang hari saat matahari sedang terik. Karena itulah, AC sepertinya akan menjadi teknologi yang paling laku dijual untuk beberapa tahun ke depan.

Prinsip kerja dari mesin pendingin ruangan ini adalah dengan menyedot udara dari luar dan mendinginkannya kemudian dimasukkan ke dalam ruangan. Untuk bisa bekerja dengan baik, AC dipasang beberapa komponen penting. Apa sajakah komponen tersebut hingga AC bisa menyala dan mendinginkan ruangan?

Komponen AC yang Harus Diketahui

Kondensor

Apa itu kondensor? Kondensor adalah mesin yang membuang panas atau dengan kata lain, kondensor sangat berjasa dalam proses pendinginan yang dilakukan oleh AC. Alat ini biasanya terdapat di bagian luar AC dan dibuat berliku-liku agar bisa membuat panas dengan efisien.

Kondensor harus mampu membuang panas pada udara luar dengan cepat sehingga mesin ini selalu bekerja dengan keras untuk menurunkan suhu dalam ruangan. Komponen ini juga berhubungan langsung Freon, di mana kondensor akan membawa hawa dingin dari freon tersebut.

Pipa Kapiler

Meskipun hanya sebuah pipa penghubung tetapi, pipa kapiler ini memiliki peran yang sangat penting. Fungsi pipa ini adalah menghubungkan dua bagian dengan tekanan yang sangat berbeda, yaitu bagian bertekanan tinggi dan bagian yang bertekanan rendah. Pipa kapiler juga harus mampu menurunkan tekanan dari tinggi menjadi rendah dengan sangat cepat.

Pipa inilah yang akhirnya mampu membuat udara yang sejuk hingga akhirnya kamu bisa menikmati tidur yang nyenyak. Bila pipa kapiler mengalami sedikit saja kebocoran, sistem kerja AC pasti akan terputus.

Kompresor

Kompresor ibaratkan sebagai sebuah jantung bagi AC karena alat ini yang akan memompa bahan pendingin hingga akhirnya bisa kamu nikmati. Kompresor juga sangat berguna dalam membentuk dua tekanan yang berbeda antara yang dingin dan panas. Kompresor AC harus menggunakan oli yang khusus agar dapat bekerja dengan baik.

Cara kerja kompresor adalah dengan mengisap freon dan kemudian disalurkan dalam bentuk cair yang memiliki temperatur yang panas ke dalam bagian kondensor. Kemudian kondensor yang akan mendinginkan suhu tersebut.

Evaporator

Fungsi utama dari komponen ini adalah menyerap panas udara yang mengalir ke dalam tempat pendinginan yang melalui pipa kapiler. Evaporator yang membuat AC bekerja dengan sistem sirkulasi udara. Evaporator akan menyerap udara dan kemudian mengeluarkan panas dari udara tersebut dan hanya mengambil bagian dingin dari udara tersebut saja.

Ekspansi Valve

Ekspansi Valve adalah sebuah saluran yang menjadi tempat mengalirnya freon menuju evaporator untuk diproses. Komponen yang satu ini juga berfungsi untuk mengatur banyaknya jumlah freon yang akan mengalir ke evaporator. Fungsi lain dari ekspansi valve yang tidak kalah penting adalah mengubah freon cari ke dalam bentuk gas dingin hingga akhirnya terserap.

Kipas

Jika kamu memperhatikan, AC memiliki dua bagian yang terletak di dalam ruangan dan di luar ruangan. Kipas terletak di bagian yang ada di luar ruangan dan berguna untuk melakukan sirkulasi udara dan membantu fungsi dari evaporator. Itulah beberapa komponen penting dalam AC yang harus kamu ketahui. Bila salah satu komponen tersebut rusak maka, AC tidak akan bisa berfungsi dengan baik. Jika ada komponen AC kamu yang rusak, kamu bisa menghubungi cv Astro.com untuk melakukan

Leave a Comment