Tahukah Anda

Perlunya AC di Musim Penghujan dan Tips Menggunakannya

HomeTahukah AndaPerlunya AC di Musim Penghujan dan Tips Menggunakannya

Selama ini AC dikenal sebagai salah satu solusi saat cuaca sedang panas. Cuaca yang panas seperti ini biasanya terjadi pada saat musim kemarau. Lalu bagaimana dengan musim penghujan yang biasanya suhu cenderung lebih rendah dan kelembabannya tinggi? Apakah AC juga diperlukan dalam kondisi tersebut? Nah, untuk mendapatkan jawabannya, Anda bisa menyimak ulasan singkat di bawah ini.

Pentingnya AC dan Tips Menggunakannya saat Musim Penghujan

Pentingnya AC di Musim Penghujan

Saat ini sudah banyak AC yang dilengkapi dengan filter udara yang bisa membuat udara menjadi lebih bersih. Hal ini sangat penting supaya Anda terhindar dari bakteri yang bisa menimbulkan berbagai penyakit di musim penghujan seperti flu, batuk dan lain-lain. Tentunya manfaat yang satu ini hanya akan dirasakan oleh Anda yang rajin mengontrol kebersihan AC, terutama filternya.

Selain bisa membuat udara jadi lebih bersih, AC juga berfungsi mengurangi perasaan lembab dalam ruang. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwasanya pada saat musim penghujan kelembaban akan menjadi lebih tinggi. Nah, AC dapat membantu mengatasi hal tersebut. Selain itu, saat malam hari biasanya semua akses keluar seperti pintu dan jendela biasanya ditutup dengan alasan keamanan.

Tindakan tersebut memang tidak bisa disalahkan. Hanya saja ini bisa membuat sirkulasi udara menjadi kurang lancar sehingga ruangan akan terkesan pengap juga. Dan ternyata AC juga mempunyai peran dalam mengatasi rasa pengap tersebut. Karena itulah AC perlu tetap dinyalakan saat musim penghujan.

Hanya saja jangan Anda samakan antara menggunakan AC di musim panas dan musim dingin ya. Karena bagaimanapun juga cara penggunaan AC ini akan memberikan pengaruh pada kesehatan Anda.

Tips Menggunakan AC di Musim Penghujan

Saat musim penghujan sudah tiba, Anda lebih disarankan untuk menggunakan Mode Dry saja. Jika pada saat musim kemarau Mode Dry ini tidak begitu berfungsi, maka saat musim penghujan adalah sebaliknya. Fungsi dari Mode Dry ini ialah menyerap udara lembab yang diakibatkan oleh hujan. Selain bisa menyerap lembab, mode tersebut juga bisa membantu Anda tetap merasa sejuk sekaligus menghemat tagihan listrik juga.

Anda perlu mengaktifkan mode tersebut pada saat Anda membutuhkannya. Jika Anda tidak membutuhkannya, atau sedang acara di luar rumah, sebaiknya Anda tidak meninggalkan AC dalam kondisi yang menyala. Selain bisa menyebabkan boros listrik, membiarkan AC tetap bekerja saat tidak diperlukan seperti ini bisa mendorong AC untuk segera sampai pada batasnya.

Kalaupun Anda khawatir lupa untuk mematikan AC, Anda bisa mengatur timer supaya nanti AC bisa mati secara otomatis. Selain itu, Anda juga perlu mengatur suhu AC dengan tepat supaya tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas. Hal ini dikarenakan jika AC Anda setel terlalu dingin, bisa mengakibatkan Anda mudah terserang flu.

Sebaliknya, jika terlalu panas, maka Anda sendirilah yang akan merasa tidak nyaman. Lebih lanjut lagi, walaupun potensi debu saat musim penghujan berkurang, Anda tetap tidak diperkenankan untuk mengabaikan kebersihan filter AC. Anda perlu mengecek kebersihan filter AC ini secara rutin dengan tujuan supaya kualitas udara dalam ruang tetap bagus.

Itulah pentingnya AC untuk Anda saat musim penghujan. Ingat, perhatikan juga tips menggunakan AC saat musim tersebut supaya AC tidak membawa pengaruh buruk pada kesehatan Anda maupun usia AC itu sendiri. Tapi, kalau kebetulan AC Anda sedang rusak, dan Anda memerlukan unit AC yang baru, Anda bisa menghubungi CV ASTRO selaku dealer resmi dari berbagai merk AC terbaik.

Click to rate this post!
(11 suara)

Leave a Comment