Tahukah Anda

AC Sering Mati dan Hidup Sendiri? Ini Beberapa Penyebabnya

HomeTahukah AndaAC Sering Mati dan Hidup Sendiri? Ini Beberapa Penyebabnya

Kerusakan pada AC sangat merepotkan terutama jika AC sedang sangat dibutuhkan. Masalah AC yang sering terjadi yaitu AC yang mati dan hidup sendiri. Kejadian ini bisa dikarenakan masalah teknis yang simpel hingga menjadi penanda adanya kerusakan yang lebih serius pada komponen AC. berikut ini akan dijelaskan lebih rinci mengenai penyebab masalah ini.

Penyebab Munculnya Gangguan AC yang Mati dan Hidup Dengan Sendirinya

Timer Menyala

Timer yang masih aktif kadang menjadi penyebab sepele munculnya kondisi AC yang mati dan hidup sendiri. Banyak pengguna yang sering lupa mematikan AC atau tidak sengaja memencet tombol pengaktif timer AC. Dikarenakan kesalahan sederhana ini, pengguna sering keliru menganggap adanya masalah serius pada AC mereka. Untuk mengatasi penyebab ini, pengguna hanya perlu mematikan timer AC.

Cara cepat untuk mengatasi masalah timer ini yakni dengan mencabut aliran listrik pada AC. Lalu tunggulah 2-5 menit sebelum memasang kembali aliran listrik AC. Selanjutnya, lepas baterai pada remote dan masukkan kembali. Cobalah menyalakan kembali AC, perhatikan apakah timer masih aktif.

Gangguan pada Thermistor AC

Thermistor merupakan alat penting dalam AC. Thermistor berguna untuk melakukan pengaturan suhu pada sistem AC. Kerusakan pada alat ini akan berdampak pada fungsi AC secara keseluruhan. Ketidaknormalan fungsi dari komponen ini akan juga berakibat pada kompresor AC.

Permasalahan pada thermistor AC bisa diatasi dengan menjauhkan komponen ini dari evaporator AC. Cara ini cukup efektif, namun hanya bertahan untuk beberapa saat saja. Permasalahan thermistor yang lebih serius membutuhkan penggantian komponen ini dengan yang baru.

Tekanan Freon Kurang

Tekanan yang berkurang pada freon akan menyebabkan AC mati dan hidup sendiri. Berkurangnya tekanan pada freon bisa dikarenakan adanya kebocoran ringan pada bagian evaporator, pipa instalasi, maupun kondensor. Gangguan freon yang lebih ringan bisa dikarenakan nepel menjadi kendur karena getaran mesin. Serta adanya sambungan pipa AC yang tidak terpasang dengan baik.

Permasalahan pada tekanan freon yang kurang memerlukan deteksi terlebih dahulu dengan pengecekan. Coba cek tekanan freon bila kurang maka isi ulang freon. Namun, jika freon tidak ada tekanan sama sekali, ini menandakan adanya kebocoran. Maka perbaikan harus diarahkan dengan mencari bagian yang bocor kemudian melakukan penggantian atau penambalan pada bagian tersebut.

Permasalahan pada Tombol Power AC

Penyebab ini hampir sama dengan masalah timer AC, penyebab ini sering muncul karena ketidaksengajaan. Pengguna kadang tidak sadar ketika mereka tidak memasang dengan benar tutup indoor AC mereka. Penutupan yang tidak tepat membuat penutup AC menjepit komponen power AC. Hal inilah yang membuat AC mengalami mati dan hidup sendiri.

Dalam kondisi tombol yang terjepit penutup AC maka penanganannya cukup dengan pemasangan kembali bagian penutup dengan benar. Sedangkan, untuk penyebab masalah pada power yang lainnya, seperti tombol sudah rusak, sensor AC bermasalah, dan kabel yang kendur, perlu tindakan berbeda.

Masalah pada PCB Modul

Kerusakan pada modul bisa disebabkan karena adanya korsleting pada listrik. Korsleting listrik dapat terjadi karena sambaran petir saat hujan deras atau karena ketidakstabilan aliran listrik. Permasalahan AC yang mati dan hidup dengan sendirinya dikarenakan gangguan modul memerlukan pengecekan dan perbaikan dari teknisi yang berpengalaman.

AC kadang mengalami kerusakan yang menyebabkan AC hidup dan mati dengan sendirinya. Penyebabnya yaitu masalah pada PBC modul, timer AC yang aktif, gangguan pada power AC, dan lain sebagainya. Permasalahan yang lebih serius membutuhkan penggantian AC dengan yang baru. Untuk melihat dan membeli AC baru dari merek terkenal bisa di dapat di CV ASTRO.

Click to rate this post!
(36 suara)

1 thought on “AC Sering Mati dan Hidup Sendiri? Ini Beberapa Penyebabnya”

  1. Dengan kemunculan beberapa masalah yang ada di AC, saran saya sebaiknya untuk Anda yang mempunyai AC untuk sering sering di service, karena kemunculan penyebab tersebut terjadi karena AC tersebut jarang di service. Nah ini saran saya sii, semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang mengalami masalah pada AC.

    Reply

Leave a Comment