Tahukah Anda

Bagaimana Cara Membersihkan AC Sendiri?

HomeTahukah AndaBagaimana Cara Membersihkan AC Sendiri?

Air Conditioner atau AC adalah teknologi yang sangat erat dengan kehidupan masyarakat saat ini. kondisi Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa dengan suhu tertinggi mencapai 37oC pada siang hari semakin mendukung hubungan antara AC dan juga warga Indonesia. Hampir setiap hari kita berada dalam ruangan yang dilengkapi AC. Di rumah, di kantor, di sekolah, dan bahkan di mobil akan selalu ada AC.

Prinsip kerja dari air conditioner adalah dengan mengalirkan udara secara terus menerus atau melakukan sirkulasi udara dan membuatnya menjadi dingin. Karena terus memutarkan udara, kotoran yang terbawa dari udara akan menumpuk dalam AC sehingga AC akan menjadi kotor dalam beberapa bulan saja.

Untuk itulah Anda harus terus mencuci AC dalam kala waktu tertentu. Anda dapat memakai jasa teknisi atau membersihkan AC sendiri. Bagaimana caranya membersihkan AC sendiri?

Berikut Cara Membersihkan AC Sendiri

Bersihkan Filter AC

Pertama, Anda harus membersihkan filter AC terlebih dahulu. Agar aman, matikan terlebih dahulu aliran listrik ke AC. Buka badan AC dan Anda akan langsung melihat filter AC. Bersihkan dengan menggunakan kemoceng, lap, atau vacuum cleaner. Jika Anda ingin menggunakan lap, ada baiknya menggunakan lap yang tidak terlalu basah agar bisa mengangkat debu yang menempel.

Anda juga bisa langsung membilas filter tersebut dengan air bersih dan jemur hingga kering. Kalau filter tersebut sudah kering, barulah Anda pasang kembali filter tersebut ke dalam AC.

Bersihkan Evaporator

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membersihkan evaporator. Untuk membersihkan bagian ini, Anda harus memiliki cairan khusus untuk membersihkan AC.

Semprotkan cairan khusus tersebut ke bagian evaporator dan kemudian biarkan cairan tersebut mengalir membawa kotoran yang menempel di evaporator. Siapkan juga alas di bawah evaporator karena akan banyak sekali kotoran yang jatuh mengenai lantai rumah Anda.

Bersihkan Kipas

Setelah membersihkan evaporator, bersihkan juga kipas AC dengan cairan yang sama. Anda bisa langsung membersihkan kipas bersamaan dengan membersihkan evaporator. Cara membersihkannya juga sama dengan menyemprotkan cairan khusus ke bagian kipas yang kotor.

Bersihkan Bagian Luar

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika ingin membersihkan AC pada bagian luar adalah memutus kabel yang menjadi sambungan aliran listrik agar Anda aman dari sengatan listrik karena Anda akan bermain dengan air. Sedangkan listrik sangat responsif terhadap air.

Setelah mencopot kabelnya, Anda bisa menyemprot bagian luar AC tersebut dengan air yang mengalir. Cuci AC bagian luar dengan air yang mengalir di selang dan atur dengan kecepatan yang sedang sehingga cukup kuat untuk membawa kotoran tetapi tidak sampai membuat rusak komponen AC.

Bersihkan Permukaan AC

Setelah Anda membersihkan filter, evaporator, dan bagian laur dari AC maka, langkah terakhir adalah membersihkan permukaan atau casing dari AC tersebut. Anda bisa membersihkan permukaan pendingin ruangan dengan lap bersih yang kering.

Lap hingga sela-sela permukaan AC karena biasanya kotoran akan menempel di bagian tersebut. setelah itu, pasang kembali casing AC tersebut ke badan AC dan Anda telah selesai mencuci AC Anda sendiri.

Proses mencuci AC memang tidaklah semudah yang dibicarakan karena ada beberapa alat khusus yang harus Anda miliki. Terlebih lagi, membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk membersihkan AC dan risiko salah dalam membersihkan hingga membuat rusak.

Jika Anda tidak memiliki alat khusus, waktu yang cukup, dan takut akan risiko merusak AC, Anda bisa menggunakan jasa teknisi CV Astro untuk membersihkan AC Anda. Segera kunjungi cvastro.com.

Click to rate this post!
(2 suara)

5 thoughts on “Bagaimana Cara Membersihkan AC Sendiri?”

  1. Ini sangat membantu bagiku.Semoga bisa bermanfaat untuk aku dan yang lainya juga.Dan bagaimanakah cara mencegah supaya ac tidak bocor air?

    Reply

Leave a Comment