Tahukah Anda

Cara Menggunakan Remote AC dan Ketahui Kesalahan dalam Mengoperasikannya

HomeTahukah AndaCara Menggunakan Remote AC dan Ketahui Kesalahan dalam Mengoperasikannya

Untuk pengguna AC baru, tentunya ada sebagian orang yang belum terbiasa menggunakan remote AC yang sudah tersedia. Apalagi jika biasanya Anda menggunakan AC windows yang hanya mengandalkan tombol atau panel yang ada di AC.

Tentunya remote menjadi hal baru yang wajar jika Anda masih bingung dalam menggunakannya. Tapi saat ini sudah tidak perlu khawatir lagi, karena ada cukup banyak panduan tentang cara menggunakan remote AC degan baik.

Berikut Cara Menggunakan Remote AC dan Fungsinya

Tombol ON/OFF

Tombol utama dari remote ini digunakan untuk menghidupkan dan mematikan AC yang sudah terpasang. Cara menggunakannya juga lebih mudah, karena biasanya kedua tombol ini akan memiliki warna. Cukup tekan tombol power dengan mengarahkan remote ke AC dan pendingin ruangan akan menyala atau mati.

Temperatur

Remote AC ini dapat bermanfaat untuk menurunkan dan menaikkan suhu AC. Caranya dengan menekan tombol dalam bentuk panah ke atas untuk mengecilkan suhu dan tombol panah ke bawah untuk menaikkan suhu AC.

Hal ini karena biasanya saat Anda berada dalam ruangan, merasa udara AC tidak terlalu dingin dan membuat hawa di sekitar menjadi semakin panas. Ini karena suhu AC yang terlalu tinggi.

Display

Remote AC berbeda dengan remote TV, karena remote AC ini memiliki display. Berfungsi untuk menunjukkan pengaturan yang ada pada AC tersebut. Selain itu suhu dalam ruangan juga dapat dilihat pada display. Saat Anda menjalankan mode tertentu, maka mode juga dapat dibaca pada display remote AC ini. Display juga akan tetap menyala saat AC sedang beroperasi.

Tapi jika AC sedang mati, maka display juga akan mati. Jadi fungsinya sangat bermanfaat dalam memudahkan Anda untuk menentukan pengaturan AC sesuai keinginan.

Timer

Tombol timer ini digunakan untuk mengontrol waktu penggunaan supaya dapat menghemat listrik. Anda dapat mengatur kapan AC mati dengan sendirinya, seperti saat tengah malam jika sudah semakin dingin. Jadi Anda tidak perlu bangun lebih awal hanya untuk mematikan AC karena sudah ada timer yang akan mematikannya secara otomatis.

Kesalahan dalam Mengoperasikan AC

Jarang Membersihkannya

Membersihkan AC tidak selalu harus dibawa ke tukang servis dan menghabiskan banyak uang. Anda dapat mencoba membersihkannya sendiri, caranya lepas dan cuci bagian filter AC.

Karena AC yang kotor akan menjadi sarang kuman dan bakteri penyebab penyakit. Oleh karena itu Anda harus rutin membersihkan AC 3 sampai 4 bulan sekali tanpa harus memanggil jasa pembersih.

Langsung Menyalakan AC

Saat terjadi listrik turun atau jegleg, biasanya tanpa sengaja Anda mematikannya dengan remote. Tapi hal ini perlu dihindari dan jangan langsung menyalakan AC. Sebaiknya tunggu sampai 1 menit sebelum menyalakan kembali. Dengan begitu akan memberikan waktu pada kompresor AC untuk beristirahat. Terutama sebelum bekerja kembali dan kompresor juga menjadi lebih awet.

Selain itu lupa mematikan AC juga termasuk pemborosan daya listrik. Terlalu sering mematikan, padahal hanya ditinggal sebentar juga dapat merusak mesin AC. Hindari juga merokok dalam ruangan ber-AC, karena gas freon AC yang bercampur rokok dapat menyebabkan kematian.

Jadi untuk Anda yang sudah mengetahui cara menggunakan remote dan mengetahui kesalahan yang perlu dihindari. Maka menggunakan AC bukanlah hal yang sulit lagi, oleh karena itu untuk pembelian Anda dapat menghubungi kami CV ASTRO.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 3.4 / 5. Vote count: 28

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Comment