Tahukah Anda

Inilah Fakta, Kegunaan dan Mitos AC Low Watt yang Perlu Diketahui

HomeTahukah AndaInilah Fakta, Kegunaan dan Mitos AC Low Watt yang Perlu Diketahui

Membahas banyak hal soal AC memang mendatangkan banyak pertanyaan. Termasuk informasi yang sudah pernah didengar atau didapatkan sebelumnya. Salah satunya yang sudah tentu sangat diinginkan adalah mendapatkan produk AC yang Low watt sehingga daya yang diperlukan tidak terlalu besar. Hal ini tentu saja akan berimbas kepada pembayaran tagihan listrik tiap bulannya.

Saat ini sudah banyak terobosan yang dikeluarkan. Salah satunya adalah penggunaan produk AC yang berdaya rendah. Hal ini memang sengaja diatur dan dibuat untuk mereka yang membutuhkan AC dengan daya tidak besar. Biasanya, tidak sedikit pula yang memilih AC low watt ini karena dinilai bisa menghemat pengeluaran biaya tagihan listrik tiap bulannya.

Informasi Seputar Kegunaan, Mitos dan Fakta AC Low Watt

Kegunaan AC Low watt

Pertama akan dibahas terlebih dahulu mengenai kegunaan AC low watt. Biasanya, AC low watt bisa digunakan pada daya yang cukup rendah yaitu 900 watt. Apabila tarikan konsumsi terhadap listrik pada umumnya mencapai 800 watt, maka untu produk AC low watt ini diperkirakan hanya membutuhkan daya setengahnya. Itu berada di rentang angka 350 hingga 400 watt saja.

Dengan daya yang demikian, tentu saja konsumsi listrik akan berkurang. Dengan berkurangnya konsumsi listrik ini, tentu akan bisa menghemat pengeluaran bulanan untuk pembayaran tagihan listrik. Inilah yang banyak menjadi alasan ketika menggunakan AC low watt. Biasanya mereka akan melihat kebutuhan akan hawa sejuk seperti apa kapasitasnya di rumah mereka. Jadi tidak asal pilih.

Mitos AC Low Watt lebih hemat daripada AC Standard

Banyak yang berasumsi bahkan mengatakan bahwa AC low watt ini lebih hemat dari AC standart pada umumnya. Namun hal ini harus ditelisik lebih dalam lagi karena faktanya, walau punya prinsip kerja yang sama, tetap saja ada perbedaan diantara keduanya yaitu pada kompresor yang digunakan.

Meskipun kompresor pada AC low watt dayanya lebih kecil, namun hal itu menyebabkan daya yang digunakan untuk memperkuat kinerja kipas harus besar. Sebab daya kompresor rendah, maka kompresor akan bekerja lebih lama lagi dalam mendinginkan ruangan. Singkatnya, suhu yang diinginkan akan lebih lama tercapai. Tentu saja akan sangat membosankan untuk menunggunya beberapa saat.

Ketika tengah merasa gerah dan kepanasan, sementara AC yang digunakan dayanya kecil, maka akan membutuhkan waktu lebih banyak. Hal ini tentu saja sangat tidak nyaman jika digunakan. Ketika menggunakan logika, maka jangka waktu yang dibutuhkan akan terasa lebih lama dan ini belum tentu menjadikan AC lo watt menjadi lebih hemat.

Memang jika dilihat dari segi pemakaian listrik, biaya pembelian dalam waktu yang bersamaan bisa membantu untuk melakukan penghematan hingga 20% banyaknya. Namun apabila tidak puas dengan tingkat suhu yang diinginkan, tentu saja hal ini belum sesuai dengan perkiraan yang sudah ada sebelumnya.  Selain itu, biaya yang diperlukan untuk membeli AC low watt akan lebih mahal.

Mitos AC Low Watt Bekerja Sebaik AC Standard

Berikutnya ini juga masih menjadi mitos. Nyatanya, kompresor AC  low watt yang punya daya listrik lebih rendah malah lebih lama dalam mendinginkan. Ini artinya, kemampuannya untuk lebih cepat mendinginkan ruangan akan lebih lama jika dibandingkan dengan AC standart.

AC Low Watt Cocok Untuk Semua Rumah Atau Ruangan

Selanjutnya adalah AC low watt cocok untuk semua ruangan ataupun rumah.namun hal ini juga masih masuk dalam deretan mitos karena faktanya adanya inovasi AC Low watt ini dimunculkan karena beralasan agar rumah dengan daya listrik yang rendah dapat menggunakan AC. Tentu saja ini sama sekali tidak terkait dengan penghematan listrik. 

Click to rate this post!
(1 suara)

Leave a Comment