Tahukah Anda

Ingin Pasang AC Di Rumah? Ketahui Kapasitas Produk Beserta Daya Yang Dibutuhkan

HomeTahukah AndaIngin Pasang AC Di Rumah? Ketahui Kapasitas Produk Beserta Daya Yang Dibutuhkan

Mengetahui kapasitas produk AC sangat disarankan supaya besar daya yang digunakan sesuai dengan kebutuhan ruangan Anda. Bagi Anda yang sedang atau akan membeli AC di toko terpercaya, ada baiknya Anda mengetahui berbagai hal tentang AC. Salah satu hal yang cukup penting dalam pemilihan AC adalah menyesuaikan kapasitas AC dengan luas ruangan Anda.

Setiap AC memiliki kapasitas masing-masing yang dapat dipilih berdasarkan besar ruangan. Oleh karenanya, sebelum membeli AC, Anda harus tahu berapa luas ruangan yang akan Anda pasang AC. Jika ruangan yang akan dipasang AC kecil, pilih kapasitas dengan daya kecil. Jika ruangan Anda lebar, pilih kapasitas dengan daya besar. Untuk mengetahui kapasitas AC, simak pembahasan berikut!

Hal-Hal Mengenai AC yang Perlu Dipahami

Kapasitas Produk AC Berdasarkan Besar Ruangan

AC memiliki 4 jenis PK yang disesuaikan dengan kapasitas daya yang dikeluarkan. berikut adalah daftar jenis-jenisnya. Jenis pertama, AC ½ PK dengan 400 Watt (AC standar), 320 Watt (AC Low Watt). Jenis kedua, ACC ¾ PK dengan 600 Watt (AC standar) dan 530 Watt (AC Low Watt). Jenis ketiga, AC 1PK dengan 840 Watt (AC Standar), 660 Watt (ACC Low Watt), dan 225-920 Watt (AC Inverter).

Jenis PK keempat yaitu AC 1.5 PK dengan 1170 Watt (AC Standar) dan 270-1070 Watt (AC Inverter). Jenis kelima yaitu AC 2 PK dengan 1920 Watt (AC Standar) dan 300-1710 Watt (ACC Inverter). Jenis PK terakhir yaitu AC 2.5 PK dengan 2570 Watt (AC Standar) dan 350-2220 Watt (AC inverter). Sedangkan untuk pilihan standard daya listrik yang disediakan oleh PLN yaitu 220VA (1A), 450VA (2A), 900VA (4A) dan seterusnya.

Manfaat Mengetahui Kapasitas AC

Kapasitas AC sebelum instalasi unit perlu diperhatikan agar Anda tidak salah dalam memilih dan tidak asal pasang. jangan sampai Anda sudah membeli AC dan ternyata tidak sesuai dengan lebar ruangan dan daya listrik yang dimiliki rumah Anda. Tentu, Anda sendiri yang akan dirugikan. Selain karena performa nya kurang, Anda juga harus mengeluarkan banyak uang. Pasti Anda tidak ingin, bukan?

Cara Menghitung Kapasitas AC

Rumus Perhitungan Kapasitas AC Ruangan

Dalam perhitungan kapasitas yang diperlukan, Anda tidak perlu bingung menghitungnya karena sudah ada rumus perhitungannya sendiri. Rumus tersebut dapat Anda aplikasi kan ketika Anda hendak membeli produk AC. berikut rumusnya:

Kebutuhan BTU: (L x W x H x I x E) / 60 (L: Panjang Ruangan; W: Lebar Ruangan; H: Tinggi ruangan); I: nilai 10 untuk ruangan berisulasi dan 18 untuk yang tidak berisulasi; E: nilai 16 untuk dinding terpanjang ke utara, 17 ke timur, 18 ke selatan, dan 20 ke barat dengan satuan meter sama dengan 3,28 Feet).

Contoh Perhitungan kapasitas Ac

Dengan rumus yang dipaparkan, Anda dapat menyimak contohnya secara langsung agar mudah dalam praktik nya. Contohnya yaitu ruangan yang Anda pasang AC memiliki P x L x T (5 x 5 x 5 m), dinding terpanjangnya menghadap ke arah utara, jenis ruangan ini adalah ruangan berinsulasi (lantai bawah), Maka berapa kebutuhan BTU yang harus Anda penuhi?

Jawabannya adalah (BTU: (L x W x H x I x E)/60 : (16 x 16 x 13 x 10 x 16) / 60 : 8.874 BTU atau jenis PK yang dibutuhkan adalah 1 PK. Untuk ukuran PK yang disesuaikan dengan BTU/h nya dapat Anda ketahui melalui keterangan berikut: AC ½ PK : ±5000 BTU/h, ¾ PK : ± 7.000 BTU/h, 1 PK : ± 9000 BTU/h, 1 ½ PK : ± 12.000 BTU/h, dan 2 PK : ± 18.000 BTU/h.

Nah, itu tadi merupakan pembahasan tentang kapasitas AC dan cara menghitungnya. Bagi Anda yang bingung mencari AC berkualitas, Anda dapat membelinya di perusahaan kami, CV Astro. Kami akan menawarkan pelayanan, produk, dan harga terbaik untuk Anda. Jadi pastikan untuk mempercayakan pilihan produk AC berkualitas pada kami. Semoga ulasan di atas bermanfaat!   

Leave a Comment