AC Split Duct

Jenis AC Daikin Split Wall yang Bagus dan Hemat

HomeAC Split DuctJenis AC Daikin Split Wall yang Bagus dan Hemat

Sebelum membeli sebuah AC tentunya kita sebagai konsumen harus bisa memahami jenis-jenis AC, paling tidak kita memiliki dasar pemahaman tentang mesin pendingin ruangan yang akan kita pakai sehingga tidak terjadi salah beli. Apa lagi ada beberapa model split wall yang tersedia dengan berbagai macam spesifikasi.

AC split merupakan jenis AC yang dua komponen utamanya, yaitu blower dan kompresor, ditempatkan terpisah. Mesin kompresor pada AC jenis ini ditempatkan di luar ruangan. Sedangkan blowernya dipasang di dalam ruangan, komponen inilah yang bertugas menyerap panas, menyalurkannya ke kompresor dan menghembuskan hawa dingin ke ruangan.

Seri AC Daikin yang Mengusung Metode Split Wall

 

Inverter Series

AC dengan teknologi inverter memang sedang diburu banyak orang, terbukti dengan sering kosongnya stok AC inverter di toko elektronik. Hal ini dikarenakan AC jenis ini dikabarkan mampu menghemat daya ketika sedang digunakan. Tentunya ini berimbas pada lebih ringannya tagihan listrik bulanan jika dibandingkan dengan memakai AC konvensional.

Untuk seri inventer sendiri Daikin menyediakan tiga jenis tipe. Pertama yaitu Daikin Urusara 7 Freon R32 buatan Jepang, Daikin European Design Freon R32 Indoor tersedia dari dua pabrikan yaitu Ceko dan Thailand, Daikin High Inverter Freon R32 FTKV Series buatan Thailand, dan Daikin Inverter Smile Freon R32 FTKC Series buatan Thailand.

Tipe Daikin Inverter Smile Freon R32 FTKC Series merupakan yang terlengkap untuk urusan besarnya PK karena tersedia mulai dari ½ PK sampai dengan 3 PK. Sedangkan untuk tipe lainnya tersedia mulai dari 1 PK. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan ruangan yang akan Anda pasangi AC.

Deluxe Series

Untuk AC Daikin Split Wall selanjutnya adalah seri deluxe. Untuk seri ini, Daikin mengeluarkan tipe Daikin Deluxe Freon R32 FTM-JV Series buatan Thailand. Seri ini tersedia dari ukuran mulai 1 PK hingga 3 PK. Tipe ini adalah sebagai pengganti tipe sebelumnya atau tipe FT-HV Series yang hanya tersedia hingga 2.5 PK.

Desain AC Daikin Deluxe ini kembar dengan seri High Inventer, hanya berbeda di ketersediaan sensor mata. Sedangkan perbedaannya dengan seri sebelumnya hanya terjadi di perubahan kurva yang sekarang berubah garis lurus. Selain itu, karena dibuat menggunakan bahan yang berkualitas dan tentunya tebal, maka komponen outdoor AC Deluxe ini memiliki bobot yang sangat berat.

Standard Series

Untuk tipe standarnya, Daikin mengeluarkan tiga series yang masing-masing berbeda pabrikan, masing-masing jenisnya adalah AC Daikin Standard Thailand Freon R410A (FTNE-MV Series), AC Daikin Standard China R410A (FTNE-JEV Series) dan AC Daikin Standard Malaysia R32 (FTV-AX Series). Kesemuanya menggunakan teknologi terkini yang menghemat pemakaian listrik.

Sesuai dengan namanya, tiga negara yang menjadi pabrikan tiap jenis split wall tersebut adalah Thailand, China dan juga Malaysia. Masing-masing tipe memiliki keunggulannya sendiri, termasuk AC standar China. Walau pun stigma barang dari negeri tirai bambu tersebut sering dianggap miring, namun ternyata untuk tipe AC ini dia mengalahkan ekspektasi, sayang barangnya susah didapat.

Karena model ini lebih ringkas dari pada model AC lainnya seperti split duct dan cassette, maka pemasangannya pun bisa dilakukan sendiri. Walau demikian, kondisi lokasi ruangan yang hendak dipasangi AC juga harus diperhatikan. Jika Anda ragu untuk memasangnya, maka Anda bisa meminta jasa teknisi dari toko elektronik tempat Anda membeli AC tersebut, semoga bisa mendapatkan ac yang tepat.

Click to rate this post!
(1 suara)

Leave a Comment