Tahukah Anda

Awas Salah Pilih, Kenali Jenis-Jenis Freon Air Conditioner Berikut Supaya Kinerja AC Tetap Optimal

HomeTahukah AndaAwas Salah Pilih, Kenali Jenis-Jenis Freon Air Conditioner Berikut Supaya Kinerja AC Tetap Optimal

Fungsi penting AC di tengah-tengah cuaca terik Indonesia memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Fungsi ini bahkan seolah membuat AC menjadi salah satu barang elektronik yang wajib ada di dalam rumah, kantor atau bahkan kendaraan.

Seperti yang Anda tahu, AC biasanya terdiri atas dua unit, yakni unit indoor dan juga unit outdoor. Tetapi, tahukah Anda senyawa yang sangat berperan untuk menunjang fungsi AC sebagai pendingin ruangan? Itulah Freon. Dalam istilah lain, Freon ini disebut sebagai refrigerant yakni gas yang mampu menyerap beban pendingin ruangan.

Freon terdiri atas beberapa jenis dan ini harus diketahui dengan baik oleh para pemilik AC karena sangat berpengaruh pada tingkat kenyamanan penggunaan AC. Diantara Freon AC yang biasa ada di pasaran adalah sebagai berikut.

Jenis-Jenis Freon AC di Pasaran

Freon R-410A

Jenis yang pertama ialah Freon R-410A. Freon jenis ini biasa diterapkan pada AC inverter dan merupakan bagian dari HFC. Karenanya, gas ini mempunyai sifat tidak mudah terbakar, mempunyai potensi perusakan ozon yang nilainya adalah 0, dan memiliki potensi untuk pemanasan global tertinggi dari jenis-jenis Freon yang lainnya.

Freon R-290

Selanjutnya ada Freon R-290. Sama seperti Freon R-410A, Freon R-290 ini juga merupakan salah satu jenis dari HFC. Akan tetapi keduanya berbanding terbalik, dimana Freon R-290 ini mempunyai potensi untuk pemanasan global yang paling rendah apabila dibandingkan dengan berbagai jenis Freon yang lainnya. Freon jenis ini juga terhitung aman untuk AC rumah tangga.

Freon R-32

Jenis Freon yang ketiga ialah Freon R-32. Freon R-32 ini baru digunakan pada AC sejak tahun 2013 yang lalu. Sifatnya lebih ramah lingkungan apabila hendak dibandingkan dengan Freon yang jenis R410A, dan juga potensi pemanasan globalnya lebih rendah. Namun sayangnya, Freon R-32 ini mempunyai potensi untuk mudah terbakar. Pun demikian, masih cukup aman diterapkan pada AC rumah tangga.

Freon R-22

Selanjutnya ada Freon R-22. Pada abad ke-20, CFC adalah refrigerant atau gas yang paling populer. Akan tetapi sekitar tahun 1990an yang lalu, keberadaan CFC ini digantikan oleh pendingin baru yang dikenal dengan HCFC. Sayangnya HCFC kemudian begitu dikecam karena terdapat kandungan klorin yang sangat berbahaya terutama untuk lingkungan.

Nah, salah satu HCFC yang populer tersebut ialah Freon R-22. Freon R-22 ini begitu dikenal karena sifatnya yang tidak mudah untuk terbakar. Pun demikian, karena mengandung klorin, Freon R-22 kemudian ditetapkan sebagai jenis Freon yang terlarang oleh pemerintah Indonesia.

Karenanya, Freon R-22 ini tidak dapat lagi digunakan. Bahkan untuk produk AC yang masih saja menggunakan Freon jenis ini tidak diperbolehkan untuk diimpor ke Indonesia. Kabarnya, tahun 2030 yang akan datang, Freon R-22 juga akan dihapus secara resmi dari Indonesia.

Hal ini cukup beralasan mengingat Freon R-22 ini sendiri juga berpotensi untuk merusak ozon yang nilainya bahkan mencapai 0,05. Karenanya, untuk Anda yang terlanjur memakai Freon R-22 untuk AC, sebaiknya nanti Anda ganti dengan jenis Freon lain yang lebih ramah lingkungan.

Itulah berbagai jenis Freon air conditioner (AC) yang perlu Anda ketahui. Untuk selanjutnya, silahkan Anda pertimbangkan sendiri Freon yang manakah yang paling aman untuk digunakan dan diterapkan pada AC Anda. Nah, kalau Anda memerlukan alat perangkat elektronik, sebaiknya jangan pilih toko secara sembarangan.

Pilih dealer yang benar-benar resmi karena hanya dealer seperti inilah yang bisa menjamin keuntungan untuk Anda. Salah satu dealer resmi AC yang demikian itu adalah CV. ASTRO. Anda bisa menghubungi CV. ASTRO ini jika memerlukan unit AC baru.

Click to rate this post!
(2 suara)

3 thoughts on “Awas Salah Pilih, Kenali Jenis-Jenis Freon Air Conditioner Berikut Supaya Kinerja AC Tetap Optimal”

Leave a Comment