Berita

Keunggulan AC Daikin dan Kekurangannya

HomeBeritaKeunggulan AC Daikin dan Kekurangannya

AC Daikin sampai sekarang masih menjadi primadona di berbagai kalangan tanah air. Selain karena ketahanannya yang sudah teruji, AC Daikin juga memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan merk pesaingnya. Keunggulan inilah yang menjadikannya lebih unggul di kelasnya.

Walau pun demikian, tentunya AC Daikin juga memiliki kekurangan. Sebagai calon pembeli, Anda berhak untuk mengetahui baik kelebihan mau pun kekurangan produk AC Daikin. Sehingga jika Anda mengetahui kekurangannya, Anda dapat meminta untuk dicarikan solusi terbaik. Tentunya sangat sayang melepas AC sekelas Daikin untuk beralih ke produk lain.

Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangannya, ada baiknya untuk mengetahui tipe yang tersedia dari merk AC dari perusahaan Jepang ini. Karena kelebihan satu tipe AC tentu berbeda dengan tipe AC lainnya, begitu pula dengan kekurangannya.

Jenis AC Daikin

Inverter

AC jenis ini merupakan AC yang menggabungkan inverter listrik dengan kecepatan motor yang bisa disesuaikan. AC jenis ini merupakan jenis yang diklaim paling dapat menghemat listrik dibandingkan dengan tipe lainnya.

Keunggulan dari tipe inverter yang paling utama adalah hemat. Konsumsi listriknya memang lebih rendah dibandingkan dengan tipe lainnya. Hal ini juga disebabkan lebih kecilnya daya tarikan pertamanya. Anda bisa menghemat sampai 1/3 daya pada tarikan ini dibandingkan dengan tipe lainnya.

Selain itu sistem yang dipasang pada AC inverter memang difungsikan agar beban kerja AC bisa lebih ringan sehingga lebih sedikit memakan daya namun lebih cepat mendinginkan ruangan. Dengan segala kelebihan ini, Anda akan lebih menghemat pengeluaran untuk biaya listrik mesin pendingin udara.

  • AC inverter juga cenderung lebih stabil sehingga tidak ada perbedaan yang timpang dalam perubahan suhu udara. AC ini menjadikan suhu ruangan lebih nyaman dan perubahan dari suhu ke suhunya pun sangat halus.

Untuk segi kekurangan AC inverter Daikin sendiri terletak pada harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan tipe lainnya, baik untuk harga unitnya mau pun freon. Selain itu kawat yang ada di dalam kompresor outdoor seri inverter ini tidak terlalu awet. Satu lagi yang menjadi kekurangan seri ini adalah seringnya main board DC rusak.

Non Inverter

Perbedaan AC jenis ini dari versi inverter adalah pada sistem pengendali kecepatan kerja kompresor. Selain itu pada saat dinyalakan, kompresor juga langsung bekerja dengan kecepatan penuh.

Keunggulan tipe ini adalah harganya yang lebih murah dan juga biaya perawatan yang lebih rendah jika dibandingkan dengan AC inverter. Namun untuk urusan kelebihan, tentunya berbeda dengan AC Inverter terlebih dalam segi penghematan.

Low Watt

Kompresor yang ada pada AC Low watt memiliki daya yang lebih rendah jika dibandingkan dengan dua tipe sebelumnya. Namun bukan berati AC jenis ini tidak memiliki kelebihan. Simak apa saja kelebihan dan kekurangan AC ini sebagai berikut.

Dari segi harga, tentunya AC low watt lebih murah dari pada seri inverter. Penghematan daya pada AC ini memang tidak sebesar pada seri inverter, tetapi ketika AC sering mengalami perubahan dari nyala ke mati dan sebaliknya, AC jenis ini jauh lebih hemat.

Sedangkan untuk kekurangannya terletak pada lebih banyaknya waktu yang dibutuhkan untuk mencapai suhu yang diinginkan. Selain itu tipe ini juga cenderung lebih gaduh dan belum memiliki teknologi secanggih inverter. Pada dasarnya semua merk AC pasti memiliki kelebihan serta kekurangan tersendiri. Tergantung dari selera konsumen dalam memilih.

Click to rate this post!
(56 suara)

Leave a Comment