Tahukah Anda

Jika Lampu Indikator AC Berkedip Inilah yang Harus Dilakukan

HomeTahukah AndaJika Lampu Indikator AC Berkedip Inilah yang Harus Dilakukan

Bagi Anda yang memang di dalam ruangan, baik di kantor ataupun di rumah dipasangi AC pasti pernah mengalami lampu indikator berkedip-kedip. Permasalahan lampu indikator AC yang kedip-kedip akan lebih sering terjadi pada jenis pendingin ruangan berteknologi inverter.

Jika menemui kondisi dimana lampu indikator pada AC kedap kedip itu adalah suatu pertanda ada yang tidak beres dalam sistem pengoperasiannya. Kondisi seperti ini akan bisa mempengaruhi fungsi dari AC itu sendiri. Agar Anda tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi kedip-kedip pada lampu indikator AC sebaiknya memang Anda mengetahui faktor penyebabnya. Penanganan yang tepat hanya akan bisa dilakukan kalau kita tahu apa akar masalahnya.

Penanganan yang salah justru bisa mengakibatkan kerusakan atau masalah yang lebih besar lagi jadi sebisa mungkin hal seperti ini harus dihindari. Memang mayoritas yang menyebabkan lampu indikator berkedip adalah masalah gangguan yang terjadi pada komponen indoor AC. Apa sajakah faktor-faktor yang menyebabkan lampu indikator menjadi berkedip? Ketahui jawabannya dibawah ini.

Penyebab Lampu Indikator AC Berkedip dan Cara Mengatasinya

Kondisi Kotor Pada Modul AC

Kalau Anda melihat lampu indikator berkedip sangat mungkin hal tersebut disebabkan oleh modul AC yang sudah dalam kondisi kotor. Kotoran yang ada pada modul akan mengganggu kinerja dari sistem kontrol AC. Cara untuk mengatasinya adalah dengan matikan power lalu untuk membersihkan modul lap dengan menggunakan kain yang kering.

Modul AC Basah Atau Kena Air

Adanya air yang mengenai permukaan modul juga bisa membuat lampu indikator AC berkedip. Hal tersebut bisa terjadi mungkin karena proses pencucian unit indoor AC secara tidak sengaja ada air yang mengenainya. Cara mengatasi masalah ini mirip dengan jika modul kotor yaitu dengan matikan power lalu keringkan modul.

Putusnya Jalur PCB

Waktu bisa membuat jalur pada PCB komponen AC terputus akibat adanya korosi atau pengkaratan. Jika ini terjadi maka akibat yang muncul adalah berkedipnya lampu indikator. Cek kondisi modul dengan memakai alat multitester menjadi cara untuk mengatasi masalah PCB ini.

Soket Tidak Pas

Lampu indikator berkedip bisa terjadi karena soket yang tidak pas. Mengatasinya adalah dengan mengencangkan kembali semua soket yang ada pada modul AC.

Blower Pada Indoor Tidak Berfungsi

jika blower pada indoor AC tidak berfungsi sebagaimana mestinya juga akan membuat lampu indikator berkedip. Sedangkan blower sendiri fungsinya adalah untuk mengalirkan udara dingin ke dalam ruangan. Cara mengatasinya adalah cek bagaimana kondisi blower indoor apakah bisa bergerak atau tidak, apakah putarannya lancar atau tidak.

Kerusakan Pada Thermistor

Rusaknya komponen thermistor sebagai sensor pada unit indoor AC yang akan mengatur bagaimana kerja dari kompresor. Ini akan mempengaruhi temperatur atau suhu. Cek kondisi thermistor apakah masih bagus atau tidak.

Kurang Freon Atau Refrigerant

Freon atau refrigerant merupakan komponen utama dalam proses pendinginan sehingga kalau jumlahnya kurang maka kemampuan mendinginkan juga akan berkurang.

Faktor kurangnya freon juga akan membuat lampu indikator berkedip. Kalau ini terjadi cek pada tekanan dan arus kerja dari AC. Setelah itu jika sudah pasti memang freonnya kurang maka segera tambahkan. Selain itu jangan coba periksa apakah terdapat kebocoran pada pendingin ruangan (AC) atau tidak.

Lampu indikator AC yang berkedip merupakan hal yang biasa terjadi sehingga tidak perlu panik. Cari tahu apa masalahnya dan atasi dengan segera. Jika Anda membutuhkan AC yang bagus silahkan hubungi CV. Astro.

1 thought on “Jika Lampu Indikator AC Berkedip Inilah yang Harus Dilakukan”

  1. Penanganan yang tepat hanya akan bisa dilakukan kalau kita tahu apa akar masalahnya. Nah saran saya sebaiknya kalian bawa saja ke tempat service supaya di perbaiki oleh yang ahlinya. Dan jangan lupa juga sering sering service AC tersebut supaya tidak terjadi masalah yang seperti ini. Semoga bermanfaat 🙂

    Reply

Leave a Comment