AC Split Duct

Penyebab AC Daikin Floor Standing Kurang Dingin

HomeAC Split DuctPenyebab AC Daikin Floor Standing Kurang Dingin

Memiliki AC dengan jenis floor standing di dalam ruangan memang menguntungkan. Selain karena AC ini mudah pemasangannya juga mudah untuk memindahkannya. Walau pun demikian penggunaan AC ini memang jarang terlihat untuk rumah tinggal. Biasanya mesin pendingin udara ini digunakan untuk perkantoran atau untuk sebuah acara yang membutuhkan pendingin portable.

Untuk urusan seri, AC Daikin memiliki dua seri yaitu inverter dan juga standar. Tipe AC ini tidak memiliki tipe mini karena penggunaan dua seri dirasa sudah cukup memenuhi kebutuhan konsumen. Untuk tipe inventer tersedia dari ukuran 2 PK hingga 6 PK. Sedangkan untuk tipe standar, tersedia mulai dari 3 PK hingga 20 PK.

Walau pun tipe Daikin terbukti keawetannya namun terkadang memang ada saja kendala seperti AC yang tiba-tiba menjadi kurang dingin. Jangan panik dahulu. Ada banyak penyebab mengapa AC bisa berubah menjadi tidak dingin. Berikut akan dijelaskan beberapa faktor penyebab mesin pendingin ruangan kurang optimal.

Kondisi Baru, Tapi Kok AC Floor Standing Tidak Dingin?

BTU

BTU atau British Thermal Unit adalah sistem menghitung kapasitas AC yang diperlukan untuk sebuah ruangan. Penghitungan BTU ini sangat penting terlebih karena menyangkut kehematan daya dan juga keawetan mesin pendingin ruangan itu sendiri. Untuk mengoptimalkan daya AC, maka nilai BTU AC harus lebih tinggi daripada BTU ruangan.

Lokasi Ruangan

Lokasi ruangan yang ada di lantai 1 akan berbeda keadaan suhunya jika dibandingkan dengan lantai 2. Hal ini disebabkan karena intensitas sinar matahari yang menerpa lantai 2 lebih banyak jika dibandingkan dengan lantai 1. Untuk itulah mengapa dengan PK yang sama, untuk ukuran ruangan yang sama akan terjadi perbedaan suhu jika lokasinya berbeda.

Posisi Ruangan

Hampir sama dengan lokasi ruangan, posisi ruangan terhadap arah mata angin juga berpengaruh pada suhu ruangan. Posisi jendela dan tembok yang menghadap ke arah matahari akan membuat ruangan menjadi lebih panas dibandingkan dengan menghadap arah mata angin lainnya.

Tentunya hal itu juga berpengaruh terhadap kinerja mesin pendingin ruangan Anda. AC akan bekerja lebih keras dan kurang optimal pada ruangan yang terlalu panas. Jadi sebelum panik karena AC floor standing Anda tidak dingin, ada baiknya untuk mengecek faktor eksternal ini.

Banyaknya Orang

Jumlah orang yang ada di ruangan tersebut juga mempengaruhi kondisi pendingin ruangan. Semakin banyak orang yang ada di dalam ruangan, maka panas yang dihasilkan akan semakin besar sehingga BTU ruangan juga semakin membengkak. Apa lagi satu orang dewasa membutuhkan sekitar 600 BTU untuk bisa mencapai rasa dingin. Coba saja dikalikan dengan banyaknya orang di dalam ruangan.

Benda Elektronik

Selain dari faktor manusia, benda elektronik juga mengeluarkan hawa panas. Jika di dalam ruangan yang dipasangi mesin pendingin udara dengan bentuk berdiri ini banyak perangkat elektronik maka bisa dipastikan kebutuhan PK AC juga akan semakin besar. Televisi, komputer, juga sound sistem ketika di dalam ruangan yang digunakan untuk pesta, semuanya akan mengeluarkan panas.

Solusi dari semuanya adalah menghitung dengan tepat BTU ruangan dan lebih baik memilih PK AC dengan BTU yang lebih besar dibandingkan dengan ruangan. Hal ini untuk menanggulangi faktor eksternal seperti yang terlampir di atas.

Jika Anda masih bingung dengan segala perhitungan tersebut, ada banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk menghitung BTU secara mudah. Atau Anda bisa berkonsultasi kepada orang yang ahli di bidang ini.

Click to rate this post!
(4 suara)

Leave a Comment