Tahukah Anda

6 Penyebab Kerusakan pada Kompresor AC

HomeTahukah Anda6 Penyebab Kerusakan pada Kompresor AC

Mungkin tidak banyak pengguna yang tahu tentang komponen kompresor pada AC. komponen ini sangat penting untuk mengatur aliran freon AC yang nantinya berguna untuk menghasilkan suhu dingin. Kerusakan pada komponen ini akan berdampak besar bagi fungsi a, sehingga AC tidak lagi dapat mengeluarkan udara dingin. berikut ini beberapa penyebab dari kerusakan kompresor AC.

Penyebab Terjadinya Masalah pada Kompresor AC

Arus dan Tegangan Listrik Tidak Sesuai

AC bekerja dengan optimal apabila tegangan dan suplai arus listrik sesuai dengan kebutuhan AC. Kebutuhan suplai listrik untuk tiap tipe AC berbeda-beda. Suplai listrik yang tidak berimbang antara kebutuhan AC dengan suplai yang ada, bisa mengakibatkan masalah dalam fungsi AC. Bagian yang paling terdampak adalah kumparan pada motor kompresor AC.

Kompresor Kekurangan Oli

Bukan hanya kendaraan yang membutuhkan oli, ternyata kompresor AC juga membutuhkan oli. Adanya oli pada kompresor berguna untuk menjadi pelumas bagian piston. Oli yang kurang atau bahkan habis, akan menimbulkan kebocoran pada pipa, kondensor, atau evaporator.

Kebocoran pada bisa berakibat buruk pada kompresor. Hal ini karena kompresor menjadi mudah panas yang bisa menyebabkan kumparan motor terbakar hingga rusak. Oleh karena itu, selalu lakukan pengisian oli untuk kompresor dan gunakan oli yang standarnya sesuai dengan pabrik.

Tekanan yang Berlebih

Pada dasarnya sudah ada standar tekanan yang bisa ditangani oleh kompresor AC untuk setiap AC dari tipe yang berbeda. Namun, kesalahan dalam jumlah tekanan AC yang tidak seimbang dengan kemampuan kompresor akan menambah beban kompresor. Beban dan kinerja kompresor yang berlebihan dalam memompa freon akan menyebabkan kerusakan pada putaran kompresor atau kumparan terbakar.

Adanya Sumbatan

Sumbatan pada aliran freon akan memperberat kinerja kompresor. Sumbatan akan membuat sistem pompa pada kompresor menjadi makin berat dan tidak efektif. Beban berat ini terjadi karena sumbatan kotoran membuat aliran yang dipompa kompresor menjadi tidak berimbang. Jadinya kompresor dipaksa untuk menambah beban tekanan supaya aliran bisa sesuai.

Sumbatan pada kompresor dapat ditangani dengan melakukan flushing. Yang dimaksud dengan flushing adalah pengaliran suatu cairan nitrogen ke dalam AC atau saluran yang tersumbat. Tindakan ini akan sangat efektif untuk mengeluarkan kotoran dari aliran. Apabila hal ini tidak efektif, ada kemungkinan diperlukan penggantian pada bagian yang mengalami sumbatan.

Kompresor Sudah Terlalu Lama

Kebanyakan benda atau komponen elektronik biasanya akan berkurang kemampuannya bila sudah lama digunakan. Kompresor AC akan mengalami penurunan fungsi ketika sudah berusia antara 5-10 tahun. Kompresor AC yang sudah lama dipakai akan mengalami aus pada bagian piston. Hal ini bisa diketahui dari bagian evaporator yang sudah tidak dingin, arus yang kecil, dan tekanan freon yang berkurang.

Selain dari masalah aus, usia kompresor yang sudah lama juga bisa memunculkan karat pada kompresor. Adanya karat pada kompresor jelas akan mengurangi fungsi kerjanya. Karat pada kompresor AC akan menimbulkan kebocoran yang berakibat pada rusaknya AC.

Kesalahan dalam Pengisian

Salah dalam mengisi oli atau refrigeran dapat menjadi penyebab rusaknya kompresor. Hal ini dikarenakan pengisian kedua bahan tersebut haruslah sesuai dengan standar dari pabrik. Kesalahan pengisian oli dan refrigeran akan menjadikan komponen pada kompresor rusak karena tidak cocok dengan bahan yang digunakan.

Kompresor AC menjadi salah satu bagian yang berperan dalam menghantarkan udara dingin pada AC. Kompresor bisa rusak karena kurangnya oli, kompresor sudah lama dipakai, pengisian yang salah, adanya sumbatan pada aliran, dan penyebab lainnya. Kompresor rusak akan menyebabkan AC rusak. Berniat mengganti AC yang rusak? Cari produk AC dari banyak merek terkenal hanya di CV ASTRO.

Click to rate this post!
(9 suara)

Leave a Comment