Tahukah Anda

Apa Sih Perbedaan Air Conditioner dan Cooler? Simak Jawabannya Berikut!

HomeTahukah AndaApa Sih Perbedaan Air Conditioner dan Cooler? Simak Jawabannya Berikut!

Apakah Anda sebelumnya pernah mendengar Air Cooler. Memang lebih terkenal Air Conditioner, namun sebenarnya masih ada alat pendingin ruangan lain yang bernama Air Cooler.

Air Cooler menjadi alat pendingin ruangan yang lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan kipas angin. Terlebih menggunakan kipas angin mempunyai resiko berbahaya yaitu dapat membuat debu-debu tidak steril beterbangan.

Lalu sebenarnya apa itu Air Cooler? Serta apa bedanya dengan Air Conditioner? Untuk menjawab rasa penasaran Anda. Mari kita simak penjelasan yang akan kita bahas di bawah ini.

Perbedaan Air Conditioner dengan Air Cooler

Suhu yang Diturunkan

Air Conditioner maupun Air Cooler mempunyai kelebihan dapat menurunkan suhu ruangan. Nah perbedaan paling mendasar pada suhu yang dapat diturunkan oleh kedua alat ini, yaitu Air Conditioner dapat menurunkan suhu ruangan hingga kurang lebih 20 derajat celcius, sedangkan Air Cooler dapat menurunkan suhu ruangan hingga 5 derajat celcius.

Fungsi Air Conditioner dan Air Cooler

Berdasarkan penjelasan, suhu yang dihasilkan oleh Air Conditioner dan Air Cooler jelas-jelas berbeda. Air Cooler bahkan bisa menurunkan suhu hingga suhu yang sangat rendah. Sehingga bisa disimpulkan bahwa fungsi Air Cooler yaitu untuk menyejukkan udara, sedangkan fungsi Air Conditioner yaitu untuk mendinginkan udara. Jelas bukan?

Cara Kerja Air Conditioner dan Air Cooler

Untuk cara kerja kedua alat ini sangat berbeda. Air Conditioner memiliki cara kerja yang benar-benar baik dan praktis. Sistem kerja Air Conditioner ini bekerja otomatis dan bisa diatur suhunya sesuai dengan keinginan. Hanya dengan menggunakan remote control, maka Anda sudah bisa mendapat suhu ruangan hingga 16 derajat celcius.

Sedangkan untuk Air Cooler memiliki cara kerja yang membutuhkan usaha yang lebih. Air Cooler menggunakan bahan baku air, berbeda dengan Air Conditioner yang menggunakan kompresor dan refrigeran untuk mendapat suhu dingin. Inilah kenapa Air Cooler membutuhkan usaha lebih untuk mendapat suhu yang rendah.

Biaya Air Conditioner dan Air Cooler

Untuk biaya yang diperlukan agar memperoleh kedua alat ini, Air Cooler jelas lebih murah dibandingkan dengan Air Conditioner. Hal ini karena Air Cooler dapat menghemat listrik yang digunakan dibanding penggunaan Air Conditioner yang sudah dikenal boros. Penggunaan Air Cooler hanya membutuhkan 60 hingga 100 watt, sedangkan Air Conditioner membutuhkan 350 hingga 800 watt.

Untuk pembersihan alat, Air Cooler juga lebih unggul karena bisa dibersihkan sendiri. Sedangkan untuk Air Conditioner harus membutuhkan tenaga ahli ketika akan membersihkannya.

Sirkulasi Udara yang Dimiliki Air Conditioner dan Air Cooler

Membahas tentang sirkulasi udara, tidak lepas dari adanya ventilasi. Untuk Air Conditioner, harus menutup semua ventilasi, jendela, maupun pintu agar udara menjadi sejuk maksimal. Sedangkan untuk Air Cooler memerlukan adanya ventilasi udara agar hasilnya optimal. Pada penggunaan Air Cooler udara akan menjadi lebih segar jika terjadi pergantian udara baru yang masuk.

Keramahan Lingkungan

Untuk keramahan lingkungan dari hasil yang diperoleh oleh alat ini, Air Cooler jelas lebih unggul. Hal ini karena Air Cooler yang menggunakan penguapan air secara alami. Berbeda dengan Air Conditioner yang menggunakan refrigeran yang memiliki potensi merusak ozon.

Untuk mendapat kemudahan pendinginan ruangan yang simpel dan praktis, jelas Air Conditioner lebih unggul. Terlebih saat ini banyak sekali Air Conditioner yang telah mengalami pembaharuan dan ada yang ramah lingkungan. Untuk Anda yang ingin membeli Air Conditioner dengan kualitas terbaik, Anda bisa menghubungi CV Astro yang menyediakan segala jenis Air Conditioner sesuai dengan kebutuhan.

Click to rate this post!
(2 suara)

Leave a Comment