AC Split Duct

Seputar Ac Daikin Split Duct

HomeAC Split DuctSeputar Ac Daikin Split Duct

Split Duct merupakan AC dengan yang mengaplikasikan sistem ducting atau sistem saluran menggunakan pipa-pipa. Jadi intinya AC ini dapat didistribusikan ke beberapa sektor, namun pusatnya sendiri ada di satu titik. AC jenis ini sangat cocok untuk tipe gedung yang sangat luas seperti kompleks pertokoan maupun mall.

Walau pun terlihat mudah namun pemakaian AC split duct ini mengharuskan pemasangnya untuk bisa lebih pintar dalam mengefisiensikan segala faktor yang terkait dengan AC jenis ini, terutama perihal efisiensi material, perawatan, pemakaian ruang serta energi. Apa lagi jika penampang yang harus dilalui pipa cukup luas, maka perlu perhitungan yang ekstra matang.

Berbeda dengan AC split wall yang bisa dipasang sendiri, rasanya tidak mungkin jika jenis AC split duct dipasang perorangan. Hal ini dikarenakan proses instalasinya yang rumit karena berkaitan dengan berbagai macam material, sehingga membutuhkan campur tangan dari ahlinya.

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Teknologi Split Duct

Kelebihan

Komponen AC yang tidak terlihat serta jauh dari ruangan membuat suara dari kompresor serta blower AC tidak terdengar. Inilah keistimewaan dari AC jenis split duct karena nyaris tidak ada polusi suara. Orang yang berada di ruangan tersebut bebas melakukan aktivitas tanpa harus merasa terganggu dengan suara mesin yang gaduh.

Kelebihan lain dari penggunaan metode split duct berhubungan dengan estetika. Karena komponen AC tidak terlihat dan diletakkan di tempat yang tersembunyi maka tidak mempengaruhi desain interior yang ada di ruangan. Keindahan desain interior tidak perlu terganggu dengan adanya pemasangan komponen indoor yang tidak sesuai dengan konsep.

Salah satu alasan memilih pemasangan AC dengan sistem ducting adalah jangkauannya yang sangat luas. AC split wall biasa tentunya tidak bisa memenuhi kualifikasi ini, bahkan untuk AC standing dengan PK terbesar. Untuk itulah AC dengan sistem ini hadir untuk memberikan solusi.

Kekurangan

Sebelum melakukan pemasangan AC Daikin Split Duct, tenaga ahli dibutuhkan bukan hanya untuk pemasangan saja namun juga mulai dari tahap perencanaan sampai kepada perawatan. Sama seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa instalasi dengan sistem ini cukup rumit sehingga tidak bisa sembarangan.

Karena sistem ini hanya menggunakan satu titik kontrol maka masalah akan timbul jika terjadi kerusakan pada sistem. Bukan hanya waktu pengerjaan yang akan membutuhkan waktu tetapi juga akan berimbas pada ruangan-ruangan yang menjadi jangkauan dari mesin pendingin tersebut. Untuk itulah diperlukan perawatan rutin untuk menghindari kerusakan.

Pengaturan sentral juga menjadi kekurangan dari sistem pemilihan metode split duct karena setiap ruangan tidak bisa memilih suhunya sendiri melainkan harus mengikuti suhu dari pusat kontrol. Jadi ketika di ruangan tersebut menjadi lebih panas atau justru lebih dingin dari ruangan lain, suhu AC tidak dapat diubah.

Karena AC ini memiliki komponen yang besar serta membutuhkan material yang tidak sedikit, maka tentu saja akan berimbas pada anggaran. Baik itu biaya pemasangan awal mau pun pada saat pemeliharaan. Belum lagi jika ruangan yang harus dijangkau sangat luas, tentunya akan membutuhkan pipa yang sangat panjang, sehingga waktu serta biaya akan tetap berbicara.

Sebelum melakukan instalasi, selalu pastikan Anda mendapatkan AC dari distributor resmi merk AC Daikin. Dengan menghubungi distributor resmi, Anda akan mendapatkan pelayanan yang terjamin, termasuk perihal seputar masalah pemasangan dan perawatan. Percayakan selalu semua kebutuhan AC Daikin Anda kepada ahlinya agar keamanan dan kenyamanan terjamin.

Leave a Comment