AC Inverter

Tips Agar AC Daikin Hemat Listrik

HomeAC InverterTips Agar AC Daikin Hemat Listrik

Masalah listrik memang merupakan persoalan yang cukup besar bagi seseorang yang menginstal AC di rumah mereka. Di balik kenyamanan yang didapatkan dari pemasangan AC, terdapat pembengkakan ongkos listrik yang terkadang memberatkan tagihan setiap bulan. Hal ini tentu saja harus menjadi perhatian yang khusus agar Anda dapat merasakan kenyamanan AC Daikin tanpa khawatir tentang biaya listrik rumah anda.

AC Daikin memang menjadi salah satu jenis AC terbaik dengan teknologi mutakhir yang digunakan. Dengan teknologi terbaru, tentu AC ini akan memberikan kinerja terbaik untuk menstabilkan dan membuat ruangan Anda menjadi lebih fresh dan lebih nyaman. Lantas bagaimana cara agar AC Daikin dapat menghemat listrik rumah tangga? Mari simak beberapa tips untuk menggunakan AC agar hemat listrik di bawah ini. Semoga membantu.

Cara Mudah Agar AC Daikin Hemat Listrik

Memilih AC Daikin Sesuai Ukuran Ruangan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah proses pemilihan AC Daikin yang diinginkan. Perusahaan ini menyediakan beragam jenis AC dengan ukuran yang berbeda-beda. Dalam hal ini, tentu, penting bagi Anda untuk memilih ukuran AC yang sesuai dengan kebutuhan ruangan anda. Jangan sampai Anda memilih AC Daikin dengan ukuran terlalu kecil untuk ruangan yang begitu luas. Hal ini tentu akan memforsir kinerja AC dan menambah beban listrik anda.

Tempatkan AC Daikin Pada Ruangan Tertutup

Salah satu cara mudah untuk menghemat listrik saat menggunakan AC Daikin adalah dengan menempatkannya pada ruangan yang tertutup. Ini adalah cara yang cukup simple untuk dilakukan. Ruangan yang tertutup tentu tidak akan terkontaminasi dengan udara luar yang lebih panas sehingga suhu di dalam ruangan tertutup cenderung bisa disesuaikan dengan lebih mudah dan cepat.

Berbeda dengan penempatan AC Daikin di ruangan yang lebih terbuka, seperti lobby atau ruang tamu, udara ruangan akan bercampur dengan udara luar yang lebih panas. Hal ini akan membuat AC bekerja dengan lebih lama untuk menstabilkan suhu ruangan. Misalnya, dalam udara tertutup AC Daikin hanya perlu waktu 7 menit untuk menurunkan suhu, bisa saja ia membutuhkan lebih dari 10 menit di ruangan terbuka. Hal ini akan membuat listrik yang digunakan cenderung lebih banyak.

Set Suhu Sesuai Kebutuhan

Salah satu kesalahan dari pengguna AC Daikin adalah kebiasaan untuk mensetting AC pada suhu paling rendah. Hal ini memang sebenarnya boleh-boleh saja dilakukan, namun mensetting suhu pada posisi paling rendah akan membuat AC bekerja lebih keras dan membutuhkan daya listrik yang lebih besar.

Akan lebih bijak jika Anda mengatur suhu sesuai kebutuhan. Setting suhu yang di rekomendasikan adalah antara 20 hingga 23 derajat. Hal ini cukup beralasan karena biasanya, suhu ruangan juga berada di sekitar range tersebut, sehingga AC Daikin akan berfungsi sebagai stabilizer dari suhu tersebut.

Bersihkan Filter Udara Secara Berkala

Usaha untuk menghemat konsumsi listrik dari pemakaian AC Daikin tentu tidak hanya berdasar pada kebiasaan pemakaian seperti yang dijelaskan di atas. Salah satu cara menghemat daya listrik dari AC Daikin yang cukup penting untuk dilakukan adalah memastikan komponen AC Daikin berada dalam kondisi yang baik dan prima. Kondisi komponen akan mempengaruhi kinerja AC dan besarnya daya listrik yang diperlukan.

Salah satu cara yang paling tepat untuk mengecek kondisi komponen AC Daikin adalah dengan membersihkan filter udara. Filter udara yang bersih akan memaksimalkan kinerja AC Daikin sehingga AC dapat mengatur suhu ruangan dengan cepat dan listrik akan menjadi lebih hemat. Minimal, bersihkan filter udara AC Daikin setiap seminggu sekali.

Leave a Comment