Tahukah Anda

Kenapa AC tidak Bisa Dinyalakan? Simak Jawabannya Berikut Ini

HomeTahukah AndaKenapa AC tidak Bisa Dinyalakan? Simak Jawabannya Berikut Ini

Seperti yang Anda tahu, AC bisa dioperasikan dengan dua cara, yakni cara manual dan menggunakan remote. Cara yang kedua ini lebih diminati oleh masyarakat karena sifatnya simpel dan bisa membuat pemiliknya mengontrol AC bahkan dari jarak yang cukup jauh sekalipun.

Penyebab AC tidak Bisa Dinyalakan

Namun, ada kalanya AC Daikin tidak mau dinyalakan baik itu menggunakan cara manual ataupun dengan menggunakan remote. Jika hal ini memang terjadi pada unit AC Anda, maka Anda harus segera mencari penyebabnya supaya AC bisa segera ditangani dengan tepat. Adapun berbagai kemungkinan AC tidak bisa dinyalakan adalah sebagai berikut.

Arus Listrik Putus

AC termasuk barang elektronik yang baru bisa bekerja saat ada arus listrik. Jika sampai arus listrik ini terputus, tidak heran jika AC tidak mau menyala. Solusinya adalah apabila Anda memakai stop kontak yang manual, silahkan Anda cabut lalu periksa apakah sekring atau fuse terputus. Jika terputus, otomatis Anda perlu menggantinya dengan yang baru yang sesuai dengan ukuran Ampere di bagian bodi fuse.

Tetapi jika fuse atau sekring tidak putus, silahkan Anda ambil test pen atau multi tester lalu gunakan alat tersebut untuk mengetahui ada dan tidaknya arus. Kalau arus ini ternyata ada, maka kemungkinan masalahnya adalah di unit indoor AC, silahkan Anda hubungi teknisi untuk mengatasinya.

Sensor AC Mati

Untuk Anda yang mengandalkan remote saat menyalakan AC dan AC ternyata tidak bisa dinyalakan seperti biasanya, Anda perlu curiga bahwasanya sensor AC tersebut juga berada dalam kondisi yang rusak. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan sensor AC berada dalam kondisi yang demikian, diantaranya adalah sensor terkena air saat Anda mencucinya.

Solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan mencoba membersihkan air yang terdapat pada sensor tersebut. Coba Anda lepas dulu mata sensor AC dengan mencabut penghubungnya. Setelahnya, silahkan Anda keringkan mata sensor, bisa dengan menggunakan tisu kering atau hair dryer juga bisa. Tidak punya keduanya?

Apapun yang bisa Anda pakai untuk mengeringkannya silahkan dipakai, bahkan termasuk sinar matahari dan korek api juga. Setelah mata sensor ini kering, silahkan Anda pasang kembali dan jika sudah, Anda bisa mencoba menyalakannya dengan menggunakan remote. Kalau memang air adalah penyebabnya, semestinya AC akan kembali normal setelah dikeringkan.

Remote Berada dalam Kondisi yang Rusak

Kemungkinan penyebab yang kedua ialah ada kemungkinan remote AC tersebut sedang dalam kondisi yang rusak. Sebelum Anda memastikan rusak tidaknya remote, silahkan Anda coba cek dulu dengan mendekatkan remote ke AC lalu coba kontrol AC tersebut dengan remote. Jika memang nantinya remote ini tidak berfungsi, coba ganti baterainya dengan baterai yang baru.

Tetapi jika setelah diganti baterainya remote masih saja tidak bisa menyalakan AC, kemungkinan memang remote tersebut sudah rusak sehingga Anda perlu menggantinya dengan remote yang baru.

Ada Bagian yang Putus pada IC

Kemungkinan penyebab yang lainnya ialah adanya bagian dalam IC atau Integrated Circuit yang putus. Untuk kali ini, disarankan agar Anda tidak melakukan perbaikan sendiri karena ada banyak hal yang menjadi penghubung fungsi masing-masing jalur PCB elektronik. Karenanya, Anda lebih disarankan untuk menghubungi teknisi saja.

Saat ini Anda tidak perlu susah payah lagi dalam mencari teknisi karena sudah ada CV ASTRO yang siap membantu siapa saja untuk mengatasi sejumlah masalah yang terjadi pada AC. Karenanya, jika AC Anda tidak bisa menyala atau mengalami masalah lainnya, silahkan hubungi CV ASTRO.

Click to rate this post!
(22 suara)

Leave a Comment