Tahukah Anda

Tips dan Cara Maintenance AC Daikin yang Benar

HomeTahukah AndaTips dan Cara Maintenance AC Daikin yang Benar

Sebagaimana kita ketahui, AC Daikin memang merupakan salah satu favorite dari seluruh masyarakat Indonesia saat mereka hendak membeli AC. Dengan produk terbaik yang sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru, tentu saja produk dari AC Daikin akan semakin diminati. Selain itu, harga purna jual dari AC ini juga tergolong tinggi dibandingkan dengan merk lain.

Namun, layaknya barang elektronik lainnya, AC Daikin tetap memerlukan perawatan atau maintenance dari pengguna. Perawatan ini tentu saja penting untuk menjaga kinerja dari AC itu sendiri. Ada beberapa komponen AC yang tentu saja perlu di ganti setelah beberapa waktu. Berikut ini ada beberapa tips yang aman dan benar untuk perawatan AC Daikin yang bisa Anda lakukan dengan cukup mudah di rumah.

Tips Maintenance AC Daikin di rumah

Mengatur Suhu

Memang, sebenarnya Anda bebas menyetel AC Daikin dengan suhu sesuai yang Anda inginkan. Jika Anda merasa bahwa udara terlalu panas, maka Anda dapat mengatur suhu AC pada level yang rendah, seperti 18 derajat. Namun, untuk menjaga umur AC Anda lebih lama dan juga menjaga komponen agar tetap baik, Anda di sarankan untuk mengatur suhu AC Daikin berkisar antara 23 hingga 25 derajat celcius. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi AC dan menjaga kondisi dari komponen dalam AC.

Pembersihan Unit Secara Berkala

Tips kedua, untuk perawatan AC Daikin, tentu saja Anda harus melakukan pembersihan secara berkala. AC yang terus bekerja akan meninggalkan plak yang tentu saja akan mengganggu kinerja dari AC itu sendiri. Selain itu, tidak dipungkiri bahwa debu akan menempel di dinding-dinding AC bahkan di beberapa komponen yang juga akan membuat AC tidak akan optimal dalam bekerja. Bagaimana aturan pembersihan AC Daikin secara berkala?

Tentu, kebutuhan Anda terkait AC memang berbeda-beda. Oleh karena itu, waktu pembersihan AC pun harus disesuaikan. Untuk Anda yang mengoperasikan AC selama 24 jam full biasanya ada di kantor atau perusahaan, maka Anda disarankan untuk membersihkan komponen AC setidaknya sebulan sekali. Namun, untuk penggunaan moderat di rumah-rumah penduduk yang biasanya hanya sekitar 8 jam sehari, pembersihan komponen AC bisa dilakukan setidaknya 3 bulan sekali.

Mengecek Sumber Listrik

Tidak dipungkiri, sumber listrik menjadi salah satu faktor yang cukup penting yang akan mempengaruhi kinerja dari AC Daikin yang Anda pasang. Untuk maintenance AC ini, sebaiknya Anda juga mengecek kondisi dari sumber listrik di rumah atau di perusahaan Anda bekerja. AC Daikin akan bekerja lebih baik dengan sumber listrik yang stabil.

Kita tentu tahu bahwa AC memang membutuhkan daya listrik yang cukup besar. Untuk itu cek terlebih dahulu daya listrik Anda dan pastikan bahwa daya listrik tersebut kuat untuk menyalakan AC dan beberapa kebutuhan lainya. Selain itu, untuk menjaga kestabilan arus listrik yang tentu akan mempengaruhi kinerja dari AC Daikin tersebut, ada baiknya Anda menggunakan stabilizer yang banyak di jual di toko-toko elektronik.

Alat ini secara maksimal akan menjaga kestabilan arus listrik sehingga arus yang masuk dalam AC akan selalu konstan. Perlu Anda ketahui bahwa arus listrik yang tidak stabil dan naik turun dapat menyebabkan kerusakan pada komponen utama AC.

Lakukan beberapa tips untuk maintenance AC yang Anda pasang. Dengan melakukan perawatan di atas, tentu AC Daikin Anda akan selalu bekerja dengan optimal dan jangka pemakaian lebih panjang insya allah.

Click to rate this post!
(4 suara)

Leave a Comment