Lain

Cari Tahu Berbagai Komponen Utama AC Ruangan Beserta Fungsinya

HomeLainCari Tahu Berbagai Komponen Utama AC Ruangan Beserta Fungsinya

Seperti yang diketahui penggunaan Air Conditioner atau biasa dikenal dengan nama AC sekarang ini menjadi sangat populer di kalangan masyarakat. Hal tersebut bukan tanpa alasan, selain karena harganya yang terbilang cukup murah, AC juga menjadi salah satu alat elektronik yang dapat membuat udara di ruangan dingin lebih cepat. Namun tahukah Anda bahwa Ac tersusun dari beberapa komponen penting?

Bagi Anda yang sudah lama menggunakan AC tentu sudah tidak asing lagi dengan komponen utama penyusun AC. Seperti yang diketahui bahwa AC tersusun atas komponen-komponen penting yang masing-masing memiliki fungsinya masing-masing. Nah untuk lebih jelasnya berikut akan dijelaskan berbagi komponen penyusun Ac beserta dengan fungsinya.

Ketahui Berbagai Komponen Utama Penyusun AC Ruangan

Kompresor

Salah satu komponen utama yang terdapat di dalam AC adalah kompresor. Komponen yang satu ini berfungsi sebagai alat sirkulasi (mengedarkan atau memompa) bahan pendingin atau yang biasa dikenal dengan nama refrigerant ke seluruh bagian dari sebuah AC.

Selain itu komponen yang satu ini juga berfungsi untuk membantu dua daerah tekanan yang berbeda-beda seperti tekanan di daerah rendah dan juga daerah di daerah tekanan tinggi. Perlu Anda ketahui bahwa komponen kompresor ini sudah banyak ditemukan di dealer distributor AC dari berbagai tipe ataupun merek.

Kondensor

Komponen selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu bernama kondensor. Pada bagian ini terdapat pipa yang memiliki bentuk berlekuk-lekuk dengan tujuan agar lebih hemat dan juga memiliki kinerja yang lebih optimal. Lalu apa fungsi utama dari kondensor itu? Perlu diketahui bahwa komponen yang satu ini memiliki fungsi untuk menukarkan udara panas atau biasa disebut kalor.

Cara kerja dari komponen yang satu ini yaitu mengubah refrigent atau bahan pendingin yang awalnya berwujud gas menjadi berbentuk cairan. Sama halnya dengan komponen sebelumnya, komponen yang satu ini juga sudah tersedia banyak di gerai distributor AC yang ada di Indonesia.

Evaporator

Berbeda dengan komponen kondensor, komponen evaporator ini memiliki fungsi utama sebagai komponen yang dapat menyerap  panas yang kemudian dialirkan ke ruangan refrigerant. Pada ruangan tersebutlah udara yang awalnya panas akan di olah dengan sedemikian rupa hingga berubah menjadi udara yang dingin dan sejuk. Jadi bisa diartikan bahwa komponen yang satu ini mengubah komponen panas.

Perlu Anda ketahui bahwa dari beberapa kasus kerusakan pada AC komponen ini yang seringkali mengalami kerusakan dibandingkan dengan jenis komponen yang lainnya. Sehingga perlu adanya proses perawatan atau perbaikan jika terjadi kerusakan pada komponen evaporator ini.

Pipa Kapiler

Satu lagi komponen penyusun dari AC adalah pipa kapiler. Komponen yang satu ini sudah banyak dijamin memiliki ketangguhan yang luar biasa di bandingkan dengan komponen lainnya. Fungsi utama komponen ini yaitu sebagai penurun tekanan pada refrigerant yang memiliki suhu terlalu panas ketikan akan disalurkan ke komponen evaporator. Karena pipa inilah suhu menjadi lebih mudah dingin dan sejuk.

Selain beberapa komponen utama yang sudah disebutkan diatas, AC juga memiliki komponen pendukung lainnya seperti strainer, blower, minyak pelumas, dan masih banyak lagi. Nah bagi Anda yang sekarang ini sedang mencari berbagai produk AC yang bagus dan berkualitas, maka CV Astro adalah solusi yang sangat tepat. Di sini Anda akan menemukan berbagai macam merek AC yang sangat populer.

Demikian tadi informasi singkat tentang berbagai macam komponen utama penyusun AC. Pastikan untuk selalu melakukan perawatan secara berkala agar AC di rumah Anda tetap awet atau tahan lama. Semoga informasi diatas bermanfaat dan membantu!

Click to rate this post!
(2 suara)

Leave a Comment