Lain

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Membeli AC Second

HomeLainHal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Membeli AC Second

Membeli AC second bisa menjadi alternatif bagi Anda yang sedang ingin menghemat anggaran. Meskipun barang bekas namun kalau kita pandai memilihnya tidak akan menutup kemungkinan akan mendapatkan barang yang kualitasnya hanya 11-12 dengan yang baru.

AC bekas cukup banyak diminati karena memang kita masih bisa mendapatkan barang dengan fungsi yang tidak jauh berbeda dengan yang baru. Ini tentunya akan sangat menguntungkan dan ekonomis dari segi dana. Tetapi untuk bisa mendapatkan AC bekas yang masih bagus kondisinya juga susah susah gampang.

Akan menjadi mudah bagi mereka yang paham soal pendingin ruangan tetapi akan sangat sulit bagi kita yang masih awam. Yang ada kemudian kita akan menyesal karena telah salah memilih saat membeli AC second. Agar penyesalan itu tidak terjadi maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dengan baik saat akan membeli AC bekas.

Tips Untuk Membeli AC Second atau AC Bekas

Cek Pada Bagian Luarnya (Casingnya)

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam tips membeli AC bekas adalah dengan memeriksa kondisi dari casing atau bodinya. Yang harus dilihat dengan seksama antara lain :

– Pastikan bahwa tidak ada bekas goresan di permukaannya

– Tidak ada bagian bodi atau casing yang berkarat

– Apakah ada bagian kondensor yang bocor atau tidak

– Apakah kompresornya sudah diganti atau masih original

Saat AC Menyala

Langkah yang kedua adalah memeriksa bagaimana saat AC dinyalakan apakah ada yang tidak normal atau semua berjalan baik. Anda bisa mencobanya dengan tekan tombol “on off” pada power agar bisa mengetahui apakah masih berfungsi dengan baik.

Cek Suaranya

Langkah yang ketiga adalah dengan mengecek bagaimana suara AC saat menyala. Jika suaranya masih terdengar halus maka hampir bisa dipastikan kalau AC second tersebut masih dalam kondisi yang baik. Hindari membeli AC bekas jika suara yang keluar cukup berisik dan keras karena itu artinya kondisinya sudah kurang bagus.

Cek Sambungan Instalasinya

Bagian pada sambungan-sambungan instalasi kabel ini sangat penting karena pastinya akan sangat mempengaruhi  kinerja AC. Maka jangan lupa untuk memeriksa kabel-kabelnya saat akan membeli AC bekas. Periksa apakah ada kabel yang rusak misalnya terkelupas atau saling menempel satu sama lain. Masalah kabel ini bisa menyebabkan korsleting dan juga kerusakan pada AC.

Cek Pada Remote

AC biasanya disertai dengan remote untuk mengoperasikannya sehingga saat akan membeli AC bekas cek juga bagaimana remotenya. Apakah masih bisa berfungsi dengan baik atau tidak.

Periksa di Bagian Daya

Langkah selanjutnya di tips untuk membeli AC bekas adalah periksa bagian dayanya. Yang dimaksud disini adalah apakah ada transfer daya listrik yang mengalir ke unit outdoor AC atau tidak.

Periksa Kelengkapannya

Meskipun kita hanya membeli AC bekas tetapi pastikan masih ada kartu garansinya. Dengan adanya kartu garansi kita bisa tahu bahwa produk yang kita beli adalah barang yang dijamin kualitasnya. Selain itu bisa saja meskipun bekas tapi AC tersebut masih berada di dalam masa garansi sehingga kita bisa melalukan servis secara gratis.

Ajak Orang yang Kompeten

Untuk menghindari kekecewaan di kemudian hari karena telah salah memilih sebagai akibat dari ketidaktahuan kita maka ajaklah yang ahli. Saat akan membeli AC bekas atau second ajaklah mereka yang memang memahami soal pendingin ruangan tersebut. Biarkan orang inilah yang nantinya akan membantu kita mengetahui apakah kondisi AC bekas masih bagus atau tidak.

Agar lebih mudah mendapat AC terbaik, entah baru atau bekas silahkan hubungi CV. Astro. Dengan CV terpercaya ini maka Anda bisa mendapatkan AC dengan merk-merk terbaik.

Click to rate this post!
(9 suara)

Leave a Comment