Lain

Prinsip Kerja Sederhana AC Tipe Split Wall

HomeLainPrinsip Kerja Sederhana AC Tipe Split Wall

Pada AC, udara ruangan terhisap disirkulasi secara terus menerus oleh blower (pada indoor unit) melalui sirip evaporator. Komponen tersebut mempunyai suhu lebih dingin dari suhu ruangan. Saat udara di dalam ruangan melewati evaporator, udara ruangan dengan temperatur lebih tinggi dari evaporator.

Kemudian, diserap panasnya oleh bahan pendingin atau refrigeran (evaporator). Lalu, kalor yang diterima evaporator dikeluarkan ke luar ruangan ketika aliran refrigeran lewat condenser (unit outdoor). Jadi, temperatur udara yang rendah atau dingin yang dirasakan pada ruangan sebenarnya merupakan sirkulasi udara di dalam ruangan. Lalu, bagaimana dengan AC Split?

Prinsip Kerja dan Komponen AC Split yang Perlu Diketahui

Prinsip Kerja AC Split

Cara kerja AC split yaitu menyerap panas udara yang ada di dalam ruangan kemudian didinginkan. AC Split yaitu sebuah alat yang bisa mengkondisikan suhu ruangan sesuai keinginan. Alat ini mampu mengkondisikan suhu ruangan jadi lebih rendah suhunya dibanding suhu lingkungan sekitarnya.

Komponen AC Split

Bagian Indoor

  • Evaporator

Pada mesin pendingin AC Split, evaporator terbentuk dari pipa tembaga dengan panjang dan diameter tertentu yang dibentuk berlekuk-lekuk agar menghemat tempat. Sehingga, lebih efektif menyerap panas dari udara ruangan yang bersirkulasi melaluinya.

Karena pipa evaporator dilewati refrigerant dengan suhu terendah, maka suhu evaporator mencapai suhu 5°C. Dengan demikian, suhu udara ruangan menjadi rendah (dingin) ketika melewati evaporator.

  • Motor Blower & Motor Pengatur Aliran Udara (motor stepper)

Motor blower berfungsi mensirkulasikan udara dalam ruangan, hingga udara ruangan dapat bersirkulasi melewati evaporator. Setelah udara melewati evaporator aliran udara menuju ke ruangan dengan pengatur aliran udara (motor Stepper).

Blower bekerja hingga temperatur udara mencapai keinginan. Kesimpulannya, blower akan berhenti kerja (Off) ketika temperatur udara ruangan mencapai suhu yang diinginkan (setting suhu remote kontrol AC Split).

  • Saringan ( filter ) Udara

Pada Indoor AC Split saringan (filter udara) berfungsi menyaring udara yang melewati evaporator. Sehingga udara yang bersirkulasi dalam ruangan menjadi lebih bersih. Pada unit AC Split model baru dilengkapi dengan filter anti bakteri atau anti racun untuk membasmi bibit penyakit. Selain itu, dapat menyaring polutan berbahaya bagi tubuh yang terbawa melalui udara di dalam ruangan.

  • Kontrol Panel Electric & Sensor Suhu (thermistor)

Pada komponen indoor AC Split terdapat kontrol panel electric dan sensor suhu (thermistor). Berfungsi mengatur kerja mesin pendingin secara menyeluruh. Diantaranya, mengatur kerja blower, motor pengatur aliran udara, compressor, fan outdoor dan timer.

Bagian outdoor

  • Kondensor

Ketika refrigeran muncul melewati komponen indoor AC Split (evaporator), kalor (panas) udara ruangan yang terbawa akan dibawa kondensor. Komponen ini terbuat dari pipa tembaga yang dibuat berkelok-kelok dan dilengkapi sirip.

Hal ini bertujuan untuk melepas kalor udara terjadi secara efektif dan kalor (panas) udara yang terbawa oleh refrigerant (Freon) lebih cepat dibawa atau dikeluarkan ke udara bebas (luar ruangan).

  • Kipas (fan)

berfungsi membuang panas pada kondensor ke udara bebas.


  • Prinsip Kerja Sederhana AC Tipe Split Wall Accumulator

Accumulator pada mesin pendingin sebagai penampung sementara refrigeran cair bertemperatur rendah dan kumpulan minyak pelumas evaporator. Selain itu, accumulator memiliki fungsi mengatur sirkulasi aliran bahan refrigeran supaya dapat keluar-masuk lewat saluran isap kompresor.

Untuk mencegah refrigeran cair tidak mengalir ke kompresor, accumulator mengkondisikan wujud refrigeran yang masuk ke kompresor tetap dalam wujud gas. Sebab, ketika wujud refrigeran berbentuk gas akan lebih mudah masuk dan tidak merusak komponen kompresor.

  • Kompresor

Kompresor AC Split berfungsi mensirkulasikan aliran refrigeran. Dari kompresor refrigerant (Freon) akan dipompa dan dialirkan menuju komponen utama: kondensor, pipa kapiler, evaporator dan kembali ke kompresor. Refrigeran secara terus menerus lewat empat komponen utama AC.

  • Saringan Refrigeran (strainer)

Setelah membawa kalor (panas) di kondensor, refrigeran akan dipompa oleh kompresor mengarah menuju ke filter (strainer). Supaya kotoran tidak sengaja terbawa refrigeran, tidak masuk ke pipa kapiler.

Jika kotoran (seperti karat atau serpihan logam) terbawa ke dalam pipa kapiler, bisa menyebabkan rusaknya kompresor. Bisa juga menyebabkan penyumbatan yang menyebabkan sistem pendingin tidak bekerja optimal.

Demikian prinsip kerja dan berbagai komponen pada AC Split. AC jenis ini bisa didapatkan melalui CV Astro. Selain itu, terdapat berbagai tipe lain sesuai dengan kebutuhan. CV Astro selalu hadir dengan barang berkualitas, namun harga tetap bersahabat.

Leave a Comment