Tahukah Anda

Unit Outdoor AC Juga Bisa Mati, Ini Berbagai Kemungkinan Penyebabnya

HomeTahukah AndaUnit Outdoor AC Juga Bisa Mati, Ini Berbagai Kemungkinan Penyebabnya

Seperti yang Anda tahu, AC itu terdiri atas dua unit, yakni unit indoor dan unit outdoor. Masing-masing unit tersebut terdiri atas berbagai komponen penting yang sangat membantu kinerja AC. Tapi, layaknya barang elektronik biasanya, AC ini rentan mengalami masalah baik itu pada unit indoor maupun pada unit outdoor. Masalah itu bermacam-macam mulai dari menimbulkan suara berisik hingga mati total.

Cek: Cara Kerja AC Ruangan

Berbagai Penyebab Unit Outdoor AC Mati

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan hal tersebut terjadi. Namun, khusus untuk kasus unit outdoor AC yang mati, ada kemungkinan berbagai hal di bawah inilah yang menjadi penyebabnya, antara lain.

Kondisi Overload yang Sudah Rusak

Overload ini merupakan komponen yang fungsinya adalah sebagai saklar pemutus arus listrik yang mengalir ke kompresor, jika kompresor tersebut tidak bekerja sebagaimana mestinya. Contohnya adalah kompresor mengalami overheating. Hal ini bisa mengakibatkan unit outdoor jadi mati walaupun kasus yang demikian jarang terjadi.

Start Kapasitor Kompresor Rusak

Anda juga pasti tahu bahwasanya pada unit outdoor AC ada dua buah start kapasitor. Salah satunya itu untuk kapasitor fan, sementara yang lainnya adalah untuk kapasitor kompresor. Nah, kapasitor kompresor ini adalah penggerak kompresor supaya kompresor mau bekerja.

Jika kapasitor kompresor ini rusak, otomatis kompresor tidak akan bisa bekerja. Biasanya kondisi ini akan ditandai dengan gejala dimana kompresor mengeluarkan suara dengungan yang lumayan keras. Kalau memang hal ini yang terjadi pada AC Anda, maka silahkan Anda atasi dengan kapasitor yang baru. Tapi sebelumnya, pastikan dulu kondisi kapasitor tersebut dengan menggunakan multi tester atau test pen.

Thermistor yang Ada pada Unit Indoor juga Rusak

Kemungkinan penyebab matinya unit outdoor AC lainnya ialah thermistor. Thermistor di sini merupakan komponen yang bekerja dengan berdasarkan pada suhu ruangan. Apabila ternyata suhu di dalam ruangan itu tidak sesuai dengan suhu yang telah diatur pada remote AC, maka otomatis thermistor akan mengirim sinyal yang nantinya akan diteruskan pada PCB kontrol.

Dengan begini, unit indoor bisa mengirimkan tegangan pada unit outdoor supaya kompresornya bisa bekerja. Nanti kalau suhu yang ada dalam ruangan sudah tercapai, maka kompresor akan langsung berhenti bekerja. Kompresor baru akan bekerja kembali apabila suhu dalam ruangan naik.

Nah kalau thermistor ini rusak, secara otomatis unit indoor AC tidak dapat mengirimkan arus listrik. Akibatnya, kipas dan kompresornya tidak akan bekerja sehingga unit outdoor akan mati.

Kabel Input Power Outdoor Putus

Skenario paling sederhana yang menyebabkan unit outdoor AC mati ialah adanya bagian kabel yang putus. Adapun kabel yang dimaksud itu adalah kabel yang berasal dari unit indoor. Makanya, Anda perlu menyelidiki hal ini terlebih dahulu sebelum Anda mulai menduga adanya penyebab lain yang mengakibatkan outdoor AC mati.

Cara untuk mengetahui hal ini adalah dengan menghidupkan AC. Tunggulah beberapa menit hingga rangkaian kontrol PCB mengirimkan tegangan pada unit outdoor. Jika sudah ada tegangan yang dikirim, silahkan Anda cek menggunakan test pen. Setelahnya, Anda perlu cek juga apakah ada tegangan yang masuk ke unit indoor atau tidak. Kalau tidak, maka kemungkinannya memang ada bagian kabel yang putus.

Kompresor AC Rusak

Kemungkinan penyebab unit outdoor AC mati yang lainnya ialah kondisi kompresor yang memang rusak. Selain karena usia, kompresor yang rusak ini juga bisa dipicu oleh hal lainnya seperti sirkulasi freon yang terhambat, kekurangan oli, tegangan listrik yang tidak sesuai, kelebihan tekanan dan lain-lain.

Jika memang outdoor AC Anda mati karena kompresor yang rusak, Anda bisa melakukan langkah penanganan dengan cara mengganti kompresor tersebut dengan kompresor yang baru. Dan bila Anda memerlukan bantuan untuk mengatasi unit outdoor AC yang mati, segera hubungi saja CV ASTRO.

Click to rate this post!
(21 suara)

Leave a Comment